Tourism

Tak Ingin Malu Saat Traveling ke Luar Negeri? Yuk Ikuti 5 Tips Traveling Ini

Traveling sepertinya sudah menjadi hobi kebanyakan orang, tapi meski demikian anda pun harus bisa menjaga sikap saat pergi traveling agar tidak dibilang malu-maluin dan dianggap kampungan. Tidak mau dong kalau kalian sedang berpergian ke negara lain lalu dibilang ‘Dasar tidak tahu aturan’ atau ‘ kampungan banget sih’. Nah daripada dibilang begitu, lebih baik kita intip tips traveling ke luar negeri dibawah  ini.

Di Mana Bumi Dipijak, Di Situ Langit Dijunjung

Maksud dari peribahasa tersebut adalah untuk menghormati sekaligus melaksanakan peraturan dan norma budaya yang berlaku di negeri setempat. Contohnya di Singapura ada larangan membawa permen karet atau mengkonsumsi permen karet bila dilanggar maka turis bisa saja dikenai denda dengan jumlah yang cukup besar. Contoh lainnya, kita tak boleh memegang kepala orang Thailand, memberi tip di restoran Jepang, atau membuat tanda OK dengan tangan di Turki karena dapat menyinggung warga lokal. Dan tentu saja sebagai pendatang kita tak boleh dong berlaku seenaknya sendiri di negara orang, kecuali kalau ingin diblacklist dari negara tersebut. (Baca juga: Intip Keseruan Konser Coldplay Di Singapura)

Bahasa Lokal Itu Penting

tips_travelling_03

Bahasa Inggris memang merupakan bahasa Internasional dan dituturkan oleh hampir semua orang di dunia. Namun di negara-negara tertentu, bahasa Inggris bukanlah bahasa yang mudah untuk dipelajari. Ada juga warga lokal yang menolak berkomunikasi dengan bahasa Inggris karena lebih suka berkomunikasi dengan bahasa Ibu mereka. Jangan keburu menyalahkan dulu, akan lebih baik jika kamu belajar bahasa lokal mereka sebelum memutuskan untuk berkunjung. Bonusnya, kamu bisa menambah keahlian berbahasa lho!

Kenali Aturan Bawa Barang Mahal

Bagi kamu yang kebetulan punya rezeki lebih dan mampu membeli barang mahal, akan lebih baik jika kamu mengetahui peraturan bea cukai terlebih dahulu. Sebab tak semua barang mewah bisa melalui pemeriksaan bea cukai dengan mudah. Salah-salah borong barang mewah, bisa jadi kamu dikenakan biaya yang harganya tak murah juga lho!

Jaga Kebersihan Tempat Umum

Sebagian besar negara maju memiliki peraturan cukup ketat soal kebersihan. Terutama Jepang, Singapura, dan negara-negara Eropa. Tentu saja kamu harus mau memaksa dirimu untuk membuang sampah pada tempatnya atau membereskan meja makan setelah makan. Bila tidak, cap negatif tentu nantinya akan disandang oleh turis Indonesia yang lain. Padahal tak semua turis Indonesia tidak menjaga kebersihan bukan? Dan sebisa mungkin biasakan menjaga kebersihan baik saat sedang berpergian atau ketika kembali ke Indonesia. Jadi bersih itu justru menyehatkan.

Berlaku Sopan Pada Siapapun

Sejengkel apapun kamu pada perjalanan wisata yang tidak memuaskan, pastikan bahwa kamu selalu bersikap sopan. Baik saat meminta tolong atau saat memprotes sesuatu. Jangan seperti seorang penumpang China yang nekat menyiram pramugari dengan air panas karena kursinya dengan sang pacar terpisah beberapa waktu lalu. Tentu saja selain merugikan diri sendiri, hal ini juga merugikan orang lain. Apalagi kalau sampai jadwal penerbangan harus mundur demi menurunkan penumpang bertingkah norak seperti ini. (Baca juga: 3 Restoran Eropa di Bali yang Wajib Dikunjungi)

About the author

Related Posts