Food

Yuk Cicipi Sup Yang Bisa Bikin Kulit Cantik

Menjaga kecantikan kulit memang tidak hanya dari luar saja, tapi juga dari dalam tubuh kita sendiri dengan apa yang kita konsumsi sehari-hari. Kita pun pasti tahu ada sejumlah makanan yang bisa membuat kulit cantik, salah satunya sup. Nah berikut ini, adalah beberapa sup yang enak rasanya sekaligus memiliki khasiat bagi kecantikan kulit anda:

Sup Labu

Sup kental dari labu kuning mungkin belum terlalu umum disantap di negara kita. Padahal ini bisa jadi alternatif untuk mengolah labu kuning selain direbus dan dijadikan kolak.

Labu kuning merupakan sumber vitamin A yang sangat tinggi. Selain itu, labu juga mengandung vitamin C dan vitamin E.

 

 

Sup Merah

Kuah sup merah terbuat dari tomat dan bawang bombay yang sudah dihaluskan. Rasanya asam, manis, dan gurih. Tomat merupakan sumber vitamin A, vitamin C, dan lycopene yang penting untuk kesehatan kulit. Khasiat lycopene dalam tomat semakin kuat setelah mengalami pemanasan dalam proses memasak.

Potongan daging dada ayam dalam sup merupakan sumber zinc, mineral penting untuk produksi kolagen yang berperan dalam menjaga elastisitas kulit. (Baca juga: Inilah Manfaat Positif dari Jerawat di Kulit Anda)

 

Gazpacho

sup_untuk_kecantikan_04Gazpacho merupakan sup dingin yang populer di Spanyol dan Portugal. Sup ini berasal dari daerah Andalusia dan biasa disantap saat cuaca panas.

Gazpacho terbuat dari sayur-sayuran mentah yang dihaluskan dengan blender. Bahan utamanya adalah tomat, paprika, bawang bombay, dan mentimun segar. Semuanya merupakan sumber vitamin yang baik untuk kulit. Sementara mentimun mengandung banyak cairan yang dibutuhkan untuk menjaga kelembapan sel jaringan ikat kulit.

 

Erwtenseoep

Erwtenseoep merupakan sup kental asli Belanda. Terbuat dari kacang polong dan seledri yang dihaluskan. Seledri bisa menjadikan kulit cantik berkat kandungan vitamin A, vitamin C, dan vitamin E di dalamnya. Sementara kacang polong hijau merupakan sumber vitamin A, vitamin C, dan protein yang cukup tinggi. Tak hanya itu, sup ini juga bisa menghangatkan tubuh saat terkena flu.

 

 

Sup Bening

Sup bening yang biasa kita santap sehari-hari juga sudah kaya akan nutrisi yang penting untuk kecantikan kulit. Wortel, kentang, kembang kol, kubis, buncis, dan tomat merupakan sumber vitamin A dan vitamin C yang diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit dari dalam. Sementara seratnya bisa memperlancar pencernaan. Jangan dianggap sepele, sebab saluran cerna yang sehat akan berdampak pada penampilan kulit.

Agar manfaat sehatnya saja yang kamu dapat, hindari penggunaan MSG saat membumbui sup. Boleh juga ditambahkan potongan ayam untuk memenuhi kebutuhan zinc. Pilih dagingnya saja. Jangan menambahkan kulitnya yang berlemak.

 

Sup Kacang Hijau

Kacang-kacangan merupakan sumber protein yang penting untuk produksi kolagen. Zinc di dalamnya juga baik untuk kesehatan rambut dan kuku. Kandungan phytoestrogen di dalamnya akan menjaga kulit tetap lembut, elastis, serta awet muda lebih lama. Selain itu, kacang hijau juga bisa membersihkan racun dari aliran darah.

Untuk membuat sup kacang hijau caranya sangat mudah. Cukup rendam kacang hijau selama 1 sampai 2 jam. Kemudian rebus bersama air dan gula merah atau gula pasir selama 1 jam. Bisa disajikan dalam keadaan hangat atau dingin.

About the author

Related Posts