Tourism

Wisata Sejarah Detik-detik Proklamasi di Jakarta

Menjelang hari kemerdekaan Indonesia ke 73 yang jatuh pada 17 Agustus mendatang, tak ada salahnya mencoba wisata sejarah. Selain menyegarkan pikiran dengan berjalan-jalan, Anda juga dapat merasakan rasa bangga dan cinta tanah air.

Banyak tempat di Indonesia yang menjadi saksi bisu masa-masa penjajahan bangsa asing di Indonesia. Ada pula tempat-tempat yang menjadi lokasi penting dari masa menuju proklamasi kemerdekaan.

Redaksi Toptier.id, merangkum sejumlah tempat bersejarah di Indonesia yang bisa Anda kunjungi untuk menambah pengetahuan sejarah Anda. Tempat-tempat ini kini sudah menjadi lokasi wisata sehingga Anda bisa menikmatinya di waktu pelesiran.

1. Museum Perumusan Naskah Proklamasi

Momen proklamasi kemerdekaan sudah bisa kamu rasakan di Museum Perumusan Naskah Proklamasi. Di sinilah, 72 tahun yang lalu, Soekarno, Mohammad Hatta, Soediro, B.M Diah dan Sayuti Melik sibuk merancang naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Rumah yang terletak di jalan Imam Bonjol No 1 ini dulu dihuni seorang laksamada Jepang, Tadashi Maeda, serta memiliki empat ruang penting. Di setiap ruangan, kamu bisa merasakan momen saat Soekarno dan Hatta memikirkan kata-kata hingga saat Sayuti Melik mengetik naskahnya.

2. Jalan Pegangsaan Timur No. 56


Usai naskah proklamasi jadi dan ditandatangani, Soekarno langsung menunju kediamannya pada 17 Agustus 1945. Di jalan Pegangsaan Timur No. 56 inilah, proklamasi kemerdekaan dikumandangkan dengan hikmat dan lancar.

Diiringi lagu Indonesia Raya dari para hadirin, bendera Merah Putih yang dijahit sang istri, Fatmawati dengan gagah dikibarkan. Kini, nuansa proklamasi masih dapat kamu nikmati saat berkunjung ke sini maupun ke Tugu Proklamasi yang masih berada dalam satu komplek.

3. Lapangan Ikada (Gambir)

Usai momen proklamasi, perjuangan Indonesia mempertahankan kemerdekaan pun dimulai. Rapat Raksasa Lapangan Ikada pda 19 September 1945 adalah awal yang baru bagi bangsa Indonesia.

Di sini, mereka memperingati satu bulan proklamasi kemerdekaan Indonesia serta membulatkan tekat untuk menyambut kemerdekaan. Soekarno pun memberikan pidato pertama usai proklamasi di depan ribuan yang hadir di lapangan yang terletak di selatan Monas tersebut.

4. Monumen Nasional


Selain jadi ikon buat kota Jakarta, Monumen Nasional atau Monas juga jadi saksi sejarah paska proklamasi kemerdekaan. Menjulang tinggi 443 kaki, monumen ini diinisiasi oleh Presiden Soekarno untuk mengenang perjuangan bangsa Indonesia pada masa revolusi.

Di pucuk, terdapat emas seberat 35 kilogram dengan cawan seberat 14,5 ton. Emas ini merupakan hibah dari seorang saudagar kaya asal Aceh kepada bangsa Indonesia.
Di dalamnya, kamu bisa menemukan banyak sekali koleksi ruangan bersejarah. Mulai dari ruang kemerdekaan hingga pelataran puncak di mana kamu bisa melihat Jakarta dari atas!

5. Radio Republik Indonesia


RRI punya peranan penting menyebarkan kabar proklamasi. Tepat pukul 19.00 WIB, teks proklamasi dari kantor berita Domei (sekarang Kantor Berita Antara) sampai di tangan Yusuf Ronodipuro, Bachtiar Lubis, dan Suprapto.

Mereka penyiar radio Hoso Kanri Kyoku (Sekarang RRI). Dari situ, RRI memiliki peran awal untuk menyebarkan berita Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Saat ini, RRI masih mengudara dan tetap hadir untuk memberikan informasi berita kepada masyarakat.

About the author

Related Posts