Tourism

Wisata Edukatif di Penangkaran Rusa Cariu

Wisata edukasi bisa menjadi pilihan untuk mengisi liburan akhir pekan, salah satunya dengan berinteraksi langsung dengan satwa seperti rusa. Adalah penangkaran rusa  Cariu yang terletak di di Desa Sinar Rasa, Cariu, Bogor, Jawa Barat merupakan tempat yang paling cocok untuk mengajak dan mengajarkan ke keluarga khususnya ke anak bagaimana pentingnya menyayangi satwa.

Penangkaran Rusa ini dikenal dengan nama Wana Wisata Penangkaran Rusa Cariu, meskipun lokasi tepatnya sekarang berada di desa Buanajaya, Kecamatan Tanjungsari, Bogor, bukan kecamatan Cariu. Untuk mencapainya dari arah Bogor atau Jakarta,  kita mengambil jalur Cibubur, masuk Cileungsi, melewati Taman Buah Mekarsari, terus saja menuju Jonggol, kemudian terus saja menuju Cariu, melewati perbukitan yang eksotik dan indah di desa Cibatutiga.

Saat sudah mencapai tujuan, jangan heran kalau petunjuk jalan Penangkaran Rusa Cariu hanya berupa plang kecil. Turunkan kecepatan kendaraan dan perhatikan di sisi sebelah kiri saat jalan mulai menurun. Disana akan terlihat spanduk yang berisi informasi wisata penangkaran rusa Cariu, belok kiri. Memang agak mengejutkan, jalan masuk ke tempat wisata tersebut rusak tidak beraspal padahal kondisi jalanan menurun.

Untuk masuk ke wana wisata yang terletak di ujung timur Bogor ini  cukup membayar Rp 8000,-/orang. Jembatan gantung sepanjang 30 meter akan menyambut setiap pengunjung yang datang. Jembatan ini dibangun di atas Sungai Cibet, bagian dari daerah aliran sungai Citarum. Indahnya panorama alam dan kesejukan umumnya membuat beberapa pengunjung berhenti sejenak di atas jembatan ini.

Ketika kamu sampai di penangkaran rusa, tempatnya sangat enak. Padang rumput hijau akan menjadi tempat kamu untuk melepaskan segala kelelahan. Beberapa pohon di pinggiran padang penggembalaan menambah suasana alami. Rusa-rusa merumput bak di alam liar. Tidak hanya melihat dari kejauhan, interaksi dengan rusa-rusa tak bisa dilewatkan. Tak hanya anak-anak, orang dewasa pun sangat menikmati interaksi memberi makan langsung rusa-rusa.

Baca Juga : Punya Pasangan Sesama Traveller, Ini 5 Barang yang Bisa Dijadikan Mahar Pernikahan

Rusa-rusa yang ditangkar banyak jenisnya mulai dari rusa totol, Rusa Cheetal, rusa jawa hingga rusa bawean yang berstatus terancam punah. Rusa bawean disebut tidak mudah berinteraksi karena aktif mencari makan di malam hari. Jika tidak menemui di tempat terbuka, pengunjung bisa mencarinya karena banyak rusa lebih memilih bersembunyi di lahan penangkaran seluas 5 hektare itu.

Disini juga dijual ubi jalar yang telah diberi wadah plastik bila pengunjung ingin merasakan sensasi memberi makan rusa-rusa dipenangkaran seluas 5 hektar ini. Untuk turun dari lorong panggung ini ke padang rumput penangkaran, cukup membayar 1.000 rupiah per-orang. Dari padang rumput ini, bisa lebih leluasa bila ingin memberi makan, memegang, bahkan berfoto-foto dengan rusa-rusa disini.

Kalau bisa jangan nekat membawa makanan untuk Rusa dan turun dari gazebo pengamatan, karena rusa-rusa ini walaupun jinak, beberapa dari mereka mempunyai tanduk yang akan digunakan untuk memaksa kita memberikan makanan yang kita bawa hanya untuk mereka. Dengan tanduk ini pula, rusa-rusa bertanduk terlihat lebih menguasai makanan yang diberikan oleh para pengunjung daripada teman-temannya yang tidak bertanduk, walaupun ukuran badan rusa bertanduk ini terkadang lebih kecil dari yang tidak bertanduk.

Satu hal penting yang harus diingat oleh pengunjung adalah: Jangan pernah membuang sampah terutama Plastik di lapangan penangkaran Rusa! Rusa-rusa ini akan memakan apa saja yang bisa mereka kunyah walau benda itu plasti sekalipun! Dan plastik-plastik yang termakan ini akan membahayakan hidup mereka.

Tidak jauh dari lokasi penangkaran terdapat warung makan dan tempat bermain anak berupa ayunan, enggrang, jungkat-jungkit dan sebagainya yang tidak kalah menarik bisa dimainkan oleh anak-anak. Tak perlu khawatir dengan harga, pasalnya bandrol yang ditawarkan masih cukup rasional dan murah untuk area wisata seperti itu.

About the author

Related Posts