kecemasan
Health

Wanita, Lakukan 5 Hal Ini Untuk Mengurangi Kecemasan

Aktivitas yang sibuk, seperti misalnya peran menjadi orang tua dan tekanan di tempat kerja, dapat menyebabkan tingkat stres dan kecemasan lebih tinggi dari biasanya, terlebih pada wanita. Karena menurut penelitian terbaru yang dilakukan oleh University of Cambridge, wanita dua kali lebih besar mengalami kecemasan dibandingkan dengan pria.

Tak hanya itu, laporan terbaru di bulan ini oleh the Office for National Statistics, menemukan bahwa wanita lebih rentan terhadap serangan kecemasan.

Gangguan kecemasan dapat melemahkan, membuat Anda dipenuhi rasa takut, dan khawatir. Hal ini akhirnya dapat merusak hubungan Anda dengan pasangan, teman-teman, maupun karir Anda.

Nah agar rasa cemas tidak menguasai pikiran dan tubuh Anda, spesialis manajemen kecemasan dan hipnoterapis, Dan Regan, memberikan tipsnya seperti dilansir dari dailymail, Jumat (4/8/2017):

  1. Kurangi bermain media sosial

Media sosial dapat mengisi pikiran Anda dengan berita-berita buruk yang memberitahu otak bahwa ada tempat yang berbahaya di luar sana, sehingga Anda pun mulai membayangkan hal-hal yang mungkin bisa terjadi pada Anda.

  1. Bergeraklah

Gejala kecemasan seperti nafas dan detak jantung yang menjadi lebih cepat, dengan suhu tubuh yang meningkat, sebenarnya merupakan sinyal bahwa tubuh Anda bersiap-siap untuk mengambil tindakan untuk melawan sesuatu atau lari dari suatu ancaman. Sehingga, tanggapi sinyal tubuh tersebut untuk bergerak dan melakukan sesuatu yang aktif. Berjalan setiap hari selama 10 menit, dapat membantu Anda merasa lebih baik.

(Baca juga: Tak Disangka, Ternyata Mata Dapat Beritahu 5 Kondisi Ini)

  1. Coba teknik pernapasan ini

Untuk membuat tubuh lebih relaks, coba hembuskan nafas panjang, lalu tarik nafas dalam-dalam, baik menggunakan mulut atau hidung Anda. Kemudian, tahan nafas selama lima detik lalu keluarkan nafas sampai sebelas hitungan. Setelah itu, tarik nafas dalam tujuh hitungan, lalu ulangi teknik ini selama satu menit.

  1. Rubah fokus Anda

Rasa cemas biasanya dapat membuat Anda berpikir tentang segala sesuatu yang dapat menjadi ancaman untuk hidup Anda. Jika hal ini sedang Anda alami, coba mulai pikirkan sesuatu yang dapat menipiskan kemungkinan-kemungkinan yang ada di pikiran Anda tersebut. Misalnya, ‘bagaimana mungkin hal-hal tersebut akan benar terjadi pada saya? Atau, apakah kecemasan ini hanya dibuat oleh pikiran saya saja?.’

  1. Sediakan sedikit waktu untuk menenangkan pikiran

Kecemasan dapat membuat otak menjadi stres, sehingga bisa membuat Anda kesulitan untuk berpikir secara jernih. Jadi, coba sediakan beberapa waktu dan ruang untuk mendinginkan otak, sehingga Anda pun dapat kembali berpikir jernih.

(Baca juga: Intip 4 Cara Menggunakan Madu Untuk Kecantikan Kulit)

About the author

Related Posts