Tourism

Waikelo Sawah, Gua dengan Air Terjun yang Cantik di Sumba

Sumba, yang merupakan salah satu pulau besar di Provinsi Nusa Tenggara Timur, secara umum dikenal sebagai daerah yang kering dan gersang. Wajar saja, karena wilayah ini memang mengalami musim kemarau 3 kali lipat lebih lama dari musim penghujan. Meski begitu, objek wisata Sumba tetap punya spot sejuk yang tak pernah kering lho, bernama Waikelo Sawah.

Bahkan saking indahnya, Anda tak perlu jauh-jauh pergi ke Kho Phi Phi di Thailand untuk sekadar menikmati gua yang indah.

Meskipun indah, pada dasarnya tempat ini bukanlah sebuah tempat wisata. Waikelo Sawah merupakan bendungan yang dibangun pada tahun 1976 yang digunakan untuk irigasi warga dan juga pembangkit listrik desa. Bendungan ini sendiri berlokasi di Desa Tema Tana, Kecamatan Wewewa Timur, Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Nah, sekarang Waikelo Sawah jadi tempat wisata karena keindahan yang tercipta dari waktu ke waktu.

Berada di kaki bukit dan dikelilingi oleh pepohonan rimbun dan sawah-sawah penduduk setempat, menjadikan suasana di Waikelo Sawah ini sangat teduh dan menyegarkan. Terkadang di sekitar kolam, Anda akan melihat beberapa penduduk lokal setempat yang datang untuk sekedar mandi dan mencuci pakaian sambil menikmati pemandangan di sekitar. Apalagi ketika musim kemarau datang, Waikelo Sawah akan sangat ramai didatangi.

Waikelo Sawah ini sekilas berbentuk mirip dengan gua alami selebar 4m dengan ketinggian sekitar 3m, yang dimulut guanya membentuk sebuah kolam dengan air yang sangat jernih. Kolam airnya sekilas terlihat tenang, namun pengunjung tidak diperbolehkan berenang dikarenakan terdapatnya arus besar di dalam kolam tersebut. Konon katanya kolam tersebut pernah memakan korban.

Selain itu, debit air yang mengalir dari bendungan Waikelo Sawah ini cukuplah deras yaitu diperkirakan mencapai 1000 liter/ detiknya (berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sumba Barat Daya).

Berlimpahnya aliran air di Waikelo Sawah ternyata sangat berguna bagi penduduk desa setempat. Aliran air dari Waikelo Sawah ini mampu mengairi persawah untuk beberapa desa diantaranya Desa Tema Tana, Kalembu Ndara Mane, Mareda Kalada, Pada Eweta, Wee Rame, Dikira dan Desa Tanggaba.

Kapan ya waktu terbaik jika ingin kesana?

Selain memiliki gua yang menawan, kawasan Waikelo Sawah, atau tepatnya Desa Tema Tana, juga memiliki panorama alam yang hijau. Kawasan ini bisa banget Anda jadikan tujuan liburan. Jika Anda mau berkunjung, bulan Februari, Maret, dan November adalah waktu yang pas untuk berkunjung.

Bagaimana dengan aksesnya?

Apabila Anda memulai perjalanan menjelajahi Sumba dari arah Bandara Tambolaka ke arah pusat Kota Waikabubak, sebenarnya akan melewati Waikelo Sawah. Dengan jarak sekitar 12 km dari Tambolaka, ibukota Kabupaten Sumba Barat Daya, perjalanan menuju lokasi dapat ditempuh dalam waktu sekitar 40 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor. Kondisi jalan menuju lokasi juga sudah beraspal halus, namun ada beberapa titik di dekat lokasi yang masih berkerikil.

(Baca juga: Ini Dia 8 Tips Agar Kulit Tetap Cantik di Usia 30-an)

Namun, belum terdapat transportasi umum ke lokasi, sehingga pengunjung yang hendak mengunjungi Waikelo Sawah dapat mengunakan jasa ojek dari Tambolaka atau menyewa kendaraan dari kota. Begitu pula halnya dengan fasilitas umum lainnya. Tak ada warung makan dan toilet yang memadai, pengunjung dapat membeli bekal makanan dan minuman ringan terlebih dahulu di Tambolaka.

Apakah ada akomodasi di sekitarnya?

Tidak ada fasilitas apapun seperti tempat makan dan pondok untuk istirahat di Waikelo Sawah. Karenanya Anda harus membawa bekal sendiri. Akomodasi terdekat ada di Desa Tambaloka, yaitu Sumba Hospitaly Foundation yang merupakan yayasan yang menampung generasi muda Sumba untuk diberi keterampilan dan langsung dipraktikkan.

Ada 5 kamar yang disewakan dengan kisaran harga 700 ribu rupiah  per malamnya. Ada juga Oro Beach Houses dengan harga serupa. Kedua akomodasi ini sama-sama membutuhkan sekitar 1 jam perjalanan dari Desa Tema Tana.

Nah, sudah ada alasan untuk mengunjungi Sumba kan? Memang kendaraan umum di daerah ini masih cenderung susah. Ada baiknya langsung menyewa mobil untuk menjelajahi Sumba yang tak kalah indah dari Koh Phi Phi Thailand. Setuju, kan?

About the author

Related Posts