vitamin d
Food, Health

Vitamin D Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh

Vitamin D berperan penting untuk kesehatan tulang dan otak. Selain itu, vitamin ini juga dapat melindungi tubuh dari serangan flu.

Beberapa penelitian menujukkan hasil bahwa vitamin D dapat meningkatkan sistem imun dalam tubuh dan membantu melawan infeksi akut di saluran pernapasan. Penelitian ini telah dipublikasikan di BMJ dengan melibatkan 11 ribu orang.

Peneliti juga menemukan bahwa dengan mengonsumsi suplemen vitamin ini secara rutin, orang dilaporkan tidak terdapat infeksi pernapasan akut, seperti influenza atau flu. Hal ini juga dibandingkan dengan orang-orang yang tidak mengonsumsi suplemen vitamin ini.

Vitamin D yang juga berasal dari sinar matahari dianggap bisa melindungi tubuh dari penyakit. Ini bisa terjadi karena vitamin ini dapat meningkatkan kadar peptida seperti antibiotik alami di paru-paru. Ini bisa jadi salah satu alasan mengapa pilek dan flu sering terjadi saat musim dingin.

Baca juga: Begini Cara Hindari Salah Hashtag

Pada saat musim dingin, paparan sinar matahari yang mengandung vitamin D berada pada tingkat terendah. Para peneliti dari 21 institusi di seluruh dunia menyebutkan bahwa temuan ini harus mendorong upaya lebih luas untuk meningkatkan konsumsi makanan yang kaya akan kandungan vitamin D.

“Infeksi pernapasan bertanggung jawab atas jutaan kunjungan di rumah sakit dan kematian tiap tahunnya. Ini berdampak besar pada kesehatan masyarakat di suatu tempat,” ujar profesor infeksi pernapasan dan kekebalan tubuh di Universitas Queen Mary di London Adrian Martineau dikutip dari situs TIME.

Selain itu, ia juga mengungkapkan bahwa penelitian ini telah memberikan bukti terkuat bahwa ada manfaat lain dari vitamin D untuk sistem kekebalan tubuh selain untuk tulang dan otot.

Menurut Matineau, pemeriksaan kadar vitamin D dalam tubuh merupakan hal yang penting dilakukan . Maksudnya, supaya kita tahu bahwa kadar vitamin dalam tubuh kita sudah mencukupi atau belum. Jika belum, seseorang harus mengonsumsi suplemen vitamin tambahan untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

“Caranya, melalui strategi seperti fortifikasi makanan mengandung vitamin D dan bukan dengan menguji individu dan mengaitkannya dengan tingkat terendah,” ujarnya.

About the author

Related Posts