taman nasional gunung merbabu
Tourism

Untuk Pemulihan Ekosistem, Jalur Pendakian Gunung Merbabu Ditutup Sementara

Ada Kabar terbaru bagi para pendaki di Seluruh Indonesia. Kabar terbarunya adalah Balai Taman Nasional Gunung Merbabu menutup sementara jalur pendakian untuk umum. Penutupan tersebut dalam rangka pemulihan ekosistem.

Dilansir dari laman instagram @tngunungmerbabu_official, Penutupan jalur pendakian dimulai 1 Januari hingga 28 Februari 2018.

Semua jalur pendakian ini ditutup, dimana jalur pendakian gunung Merbabu antara lain Cuntel, Selo, Thekelan, Wekas, dan Suwanting.

Baca Juga: 8 Kode SOS Penting Buat Pendaki Gunung

Selain itu, ditutupnya jalur pendakian ini juga langkah antisipasi karena prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) selama Januari-Maret akan turun hujan deras.

Maka dari itu, untuk calon pendaki agar mematuhi peraturan ini. Jika ada yang nekat menerobos atau mendaki maka pihak Balai akan memberikan sanksi untuk para pendaki.

Balai Taman Nasional Gunung merbabu telah membangun Tugu di tiga puncak, yaitu puncak Kentengsongo, puncak Triangulasi, dan Puncak Syarif.

Selain Gunung Merbabu, ada beberapa gunung di Indonesia juga yang akan ditutup sementara, yaitu Gunung Gede Pangrango, Gunung Prau, Gunung Salak, Gunung Kerinci, Gunung Rinjani.

About the author

Related Posts