Trik Memilih Durian
Food

8 Trik Memilih Durian yang Matang dan Bertekstur Sempurna

Trik Memilih Durian – Durian adalah buah tropis yang memiliki bau menyengat. Bagi orang yang tak suka durian, aromanya yang tajam menyengat mungkin bisa membuat kepala jadi pusing. Namun bagi yang menggemarinya, aroma durian amat menggugah selera.

Daya tarik durian sendiri terletak pada tekstur dagingnya yang empuk, serta cita rasa manis yang khas. Tapi untuk menikmati rasa buah durian yang manis ini, Anda pun perlu usaha ekstra. Kerena tidak semua buah durian yang dijual di pasaran mempunyai rasa yang manis dengan testrur yang sempurna.

Nah, bagi Anda yang mengaku pecinta buah durian namun belum bisa memilih mana durian yang enak dan lezat, ada beberapa tips yang bisa Anda coba saat membeli durian. Simak beberapa tipsnya berikut ini:

  1. Hindari memilih durian berdasarkan warna

Cara memilih durian yang pertama kali disarankan adalah abaikan warna buah durian. Warna durian tidak berpengaruh terhadap kelezatan isinya. Ada 3 warna durian yang biasa kita temui, yakni hijau, kuning, dan coklat.

Mungkin Anda berpikir bahwa durian berkulit hijau memiliki isi yang belum matang, sedangkan yang warna coklat sudah sangat matang. Namun percayalah bahwa warna kulit durian tidak mempengaruhi kualitas daging buahnya. Ada durian berkulit hijau yang memiliki daging buah yang sudah matang dan manis.

  1. Pilih durian yang bulat

Saat kamu memutuskan untuk membeli durian, pilihlah dengan teliti. Pilih buah durian dengan bentuk yang bulat. Buah durian yang berbentuk

bulat adalah tanda kalau buah itu memiliki daging yang banyak. Sedangkan buah durian yang berbentuk lebih lonjong biasanya berdaging buah lebih sedikit.

  1. Pilih yang bertangkai pendek

Tangkai pada durian menentukan tebal dan tipisnya daging durian. Tangkai yang kecil dan panjang menujukkan bahwa daging buahnya tipis dan sedikit.

Sedangkan buah durain yang memiliki tangkai tebal dan pendek menunjukkan bahwa durian tersebut memiliki daging yang tebal dan banyak. Tangkai dari buah durian ini berfungsi untuk menyalurkan karbohidrat ke batang pohon. Bila tangkai itu besar dan pendek, itu adalah tanda jika asupan karbohidrat dalam daging buah juga semakin besar.

  1. Cermati bentuk durinya

Untuk mendapatkan durian yang paling enak dan matang, Anda juga bisa mencermati bentuk durinya, lho. Dari bentuk duri buah ini kita juga bisa mendapatkan durian yang dengan daging yang manis dan banyak.

Bagi Anda yang ingin membeli durian, sebaiknya pilih durian yang memiliki duri pendek dan jarang. Pasalnya, durian dengan duri yang pendek dan jarang memiliki buah yang banyak dengan rasa yang lebih manis. Sebaliknya, jika Anda mendapatkan durian dengan duri panjang dan rapat, maka siap-siap saja Anda mendapatkan buah dengan daging yang sedikit.

(Baca juga: 4 Rekomendasi Resto Kepiting di Surabaya yang Enak Banget!)

  1. Cium aromanya

Yang satu ini adalah cara memilih durian yang sudah dilakukan oleh hampir setiap pembeli. Memang benar jika aroma durian menentukan kualitas daging durian. Durian dengan aroma yang harum umumnya memiliki daging yang kuning dan manis.

Namun tidak perlu membelah durian jika ingin mencium aroma tersebut. Cukup angkat buah durian, lalu dekatkan ke hidung Anda. Durian dengan kualitas terbaik akan menebarkan aroma harum yang sangat khas meskipun belum dibelah atau disayat kulitnya.

  1. Dengarkan bunyinya

Kamu bisa memilih durian yang baik dengan mendengarkan bunyi dari durian tersebut, caranya dengan memukul durian dengan pisau. Mintalah penjual untuk melakukan hal ini untuk kamu.

Jika durian yang dipukul bunyinya seolah teredam, itu tanda kalau durian tersebut sudah matang dan siap makan. Sedangkan jika durian tersebut berbunyi nyaring, itu tanda jika ia belum matang dan belum siap dimakan.

  1. Jangan membeli durian yang sudah terbuka

Mungkin Anda bisa mendapatkan durian berwarna kuning jika membeli buah yang kulitnya sudah terbuka, tetapi percayalah bahwa rasa dagingnya tidak semanis durian yang kulitnya masih tertutup rapat.

Ketika kulit durian sudah terbuka, maka daging di dalamnya akan terkena angin terus menerus. Hal ini dapat menyebabkan rasa daging durian menjadi hambar. Sebaiknya, pertimbangkan untuk membeli durian yang masih tertutup rapat.

  1. Jangan ragu meminta tester

Untuk mengetahui kualitas daging durian yang ditawarkan oleh penjual tersebut, jangan ragu untuk meminta tester. Dengan mencoba langsung daging durian yang ditawarkan penjual, maka Anda bisa mengetahui kualitas durian yang dijajakan tersebut.

Namun, Anda juga harus waspada karena saat ini banyak penjual durian yang curang dengan memberi tester buah durian terbaik, tetapi durian-durian lain yang dijajakan tidak memiliki kualitas sebaik testernya. Mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk makan durian langsung di tempatnya agar Anda dapat komplain kepada si penjual jika mendapatkan buah yang tidak sebaik testernya.

Semoga bermanfaat!

(Baca juga: 5 Hal yang Perlu Diketahui Seorang Pemula Saat di Gym)

About the author

Related Posts