Tips-Tips Sederhana Yang Mendewasakanmu Disaat Hidup Mandiri
Entertainment

Tips Sederhana Yang Mendewasakanmu Disaat Hidup Mandiri

Janganlah kita menginginkan hidup mandiri hanya karena ikut-ikutan, ingin terlihat keren, ingin mendapatkan pujian, ingin bebas dari aturan orangtua, dan lain sebagainya. Hiduplah mandiri karena memang yakin betul, siap mampu menjalankannya dengan penuh kesabaran dan tanggung jawab. Belajarlah dari berbagai sumber mengenai bagaimana hidup mandiri itu. Jangan sampai kembali lagi kepada pangkuan orangtua ketika tidak mampu melakukannya.

Berikut Tips Sederhana Yang Mendewasakanmu Disaat Hidup Mandiri, disaat kamu jauh dari orang tuamu.

1.  Tempat tinggal yang tepat

Jika Anda hidup sendirian, maka cari tempat tinggal yang dekat dengan kantor atau sekolah Anda. Tinggal di dekat kantor akan menghemat anggaran Anda. Anda tak perlu mengalokasikan dana khusus untuk transport. Sehingga bisa jauh lebih hemat. Selain itu jarak yang dekat membuat Anda tak perlu khawatir terlambat atau terjebak macet.

2. Menyusun daftar anggaran

Sisihkan sedikit waktu untuk menyusun anggaran setiap bulan. Cara ini baik untuk melihat apa saja barang-barang yang Anda butuhkan. Serta mengetahui berapa besar anggaran Anda tiap bulan. Namun, Anda juga harus tetap hemat, jangan membeli barang di luar anggaran agar pengeluaran tidak bertambah. Lakukan ini secara rutin dan rasakan manfaatnya.

3. Belajar memasak makananmu sendiri

Tentu kamu tahu, untuk urusan makan kamu nggak mungkin akan selalu pergi keluar dan makan diluar. Wajarnya kamu akan makan tiga kali sehari yang mana itu juga berarti pemborosan kalau kamu terus – terusan makan diluar. Nggak perlu masak yang susah susah, berawal dari goreng telur ceplok, kemudian nasi goreng, kemudian tumis kangkung atau bayam, hingga sop sederhana. Semua bisa kok kamu lakuin kalau kamu mau, semuanya adalah proses belajar.

4. Batasi porsi bermainmu

Sadarilah, kamu sedang merantau, dan kamu juga sedang belajar caranya hidup dengan segala yang pas-pasan, segala kemungkinan baik buruk. Jangan jadi anak manja yang kalau kehabisan uang lalu kamu melapor untuk minta uang lagi.

Hidup mandiri berarti kamu juga harus belajar hidup prihatin, membatasi diri untuk tidak melakukan hal- hal yang perlu dilakukan. Putuskan apakah memang bermain itu perlu? Nongkrong itu perlu? Sebanyak apa porsi harianmu untuk bermain? Seberapa banyak untuk belajar?

Lalu bertanggung jawablah dengan setiap pilihan yang kamu buat dan tetapkan.

5. Jangan lupa telepon orang tua

Bukan untuk mengadu keuangan kamu yang sangat mepet atau mengeluh tentang semua hal yang sulit untuk dilakukan. Telepon lah orang tua yang jauh disana untuk menanyakan kabarnya. Kalau ditanya bagimana kondisimu, sebaiknya tidak perlu mendramatisir sedemikian rupa hanya untuk mendapatkan belas kasihan.

Tunjukkan bahwa kamu telah tumbuh dewasa, katakan semua baik- baik saja dan lancar. Buat orang tuamu bangga bahwa anaknya sekarang sudah mandiri.

 

Berikut beberapa tips yang bisa kami berikan. Hidup sendiri memang gampang-gampang susah. Jika Anda bertekad untuk hidup sejahtera, maka pandai-pandailah mengelola keuangan dari sekarang.

About the author

Related Posts