bikepacking seru
Tourism

Tips Bikepacking Seru Ala Toptier

Bikepacking sendiri memadukan kata bicycle touring dan backpacking yang berarti melakukan perjalanan jarak jauh dan menggunakan peralatan camping ringan dan muat dengan frame sepeda. Bikepacking sendiri merupakan kombinasi dari penyuka traveling dan pesepeda. Buat kamu yang juga menyukai tantangan dan bosan naik kendaraan roda empat atau dua, berarti kamu wajib coba bikepacking ini.

Berikut tips yang bisa dipraktikkan agar kegiatan bersepeda jadi menyenangkan.

Tentukan Rute
Perhatikan jarak, cuaca, keadaan jalanan dan tanjakan- turunan yang ada. Rute perjalanan yang melewati tempat menarik dan menantang membuat perjalanan lebih seru. Rute asyik yang perlu kamu coba untuk bikepacking di Indonesia.

Light Packing
Ketika menempuh perjalanan puluhan kilometer dibutuhkan tenaga dan stamina yang tidak sedikit. Agar bisa menghemat tenaga dengan baik, pilih barang-barang yang multifungsi untuk menghemat jumlah barang yang dibawa serta dengan menggunakan sepeda.

Serta bawalah barang yang ringan dan seminimalis mungkin, kalau mau bawa persediaan makanan ringan dan peralatan mandi usahakan bawa yang kemasan kecil. Jangan khawatir lapar selama perjalanan, karena di sepanjang rute perjalanan, kamu pasti akan banyak menemui warung ataupun minimarket.
(Baca Juga: 4 Kiat Jitu Merintis Bisnis)

Bawalah Barang yang Berguna di Perjalanan
Hati-hati terlalu banyak membawa barang bawaan yang sebetulnya tidak perlu. Sepanjang perjalanan melewati perkotaan, lebih baik membeli barang-barang yang mudah untuk didapatkan selama perjalanan daripada harus membawa-bawanya selama perjalanan.

“Pilih barang yang paling esensial terutama pompa tangan dan alat tambal ban sepeda pribadi untuk menghindari bocor ban di tengah jalan namun jauh dari jangkauan tukang tambal ban.”

Untuk trip pendek lebih baik menggunakan tas punggung yang kecil dibanding pannier yang lebih berat sehingga punggung tidak capek membawa bawaan.

Keseimbangan itu Penting
Hindari mengaitkan barang bawaan di atas stang sepeda karena akan menghambat saat mengendalikan sepeda. Beban paling baik berada di tengah. Namun jika tidak bisa ditempatkan di tengah Anda bisa menempatkan tas di belakang jok sepeda.

Gunakan GPS Sebagai Panduan Perjalanan
Bikepacker umumnya selalu traveling sendirian. Agar tidak tersesat gunakan GPS tracking unit sebagai panduan jalan dari point A ke point B. Penting juga untuk melakukan pemetaan jalan sebelum berangkat agar tidak tersesat.

Pastikan membawa baterai cadangan untuk GPS Anda agar perjalanan sesuai dengan waktu yang sudah diperkirakan sebelumnya. Nikmati perjalanan Anda dengan sepeda. Suksesnya perjalanan Anda tidak diukur dari jauh dekatnya tujuan namun Anda bisa tiba kembali dengan selamat di rumah.

About the author

Related Posts