rasa bosan
Entertainment

Tips Atasi Rasa Bosan Dalam Rumah Tangga

Rasa bosan dan monoton terkadang dialami oleh pasangan suami istri yang telah berumah tangga. Kegiatan masing-masing dalam menjalankan perannya sebagai istri dan suami serta kedua orang tua bagi anak-anaknya sudah cukup menguras tenaga, belum lagi kegiatan di tempat kerja.

Apalagi ketika pulang ke rumah, saat seharusnya beristirahat dari berbagai pekerjaan kantor, terkadang kita mesti pulang kerja dengan membawa setumpuk pekerjaan. Lembur panjang pun tidak bisa terelakan. Apabila hal ini terjadi terus-menerus, tanpa adanya suatu “selingan” sebagai hiburan, maka bisa dipastikan kehidupan yang monoton ini akan bisa menimbulkan kebosanan.

Biasanya sang istri yang paling sering mengalami kebosanan. Apalagi seorang istri yang hanya menjadi ibu rumah tangga, tanpa memiliki kesibukan yang lain. Sepanjang hari waktunya hanya dihabiskan di dalam rumah. Apalagi saat rumah sudah sepi ditinggal suami dan anak-anak yang berangkat kerja dan sekolah, dan pekerjaan rumah yang sudah selesai dikerjakan, maka istri terkadang akan merasa jenuh sendirian di rumah.

Kebosanan dalam berumah tangga tentu saja tidak baik. Hal ini bisa menyebabkan ketidaknyamanan dalam menjalani rutinitas. Rasa bosan yang teramat parah juga bisa menyebabkan seseorang mudah emosi dan hilangnya gairah untuk saling berkasih sayang. Oleh karena itu, penting bagi seorang suami sebagai kepala rumah tangga untuk menyadari suasana dalam rumah tangganya.

Seorang suami yang sukses adalah suami yang selalu mengupayakan kehidupan yang bahagia dan selalu berharap agar istri dan anak-anaknya semakin cinta kepadanya. Dia adalah suami yang berusaha agar kehidupan rumah tangganya itu tidak membosankan. Kiatnya adalah dengan melakukan berbagai kegiatan yang bersifat refreshing yang bisa menjadi obat bagi rasa bosan tersebut. Lalu, apa saja kiat-kiatnya? Berikut ini ulasannya.

Ciptakan Makan Malam yang Berkesan

Makan bersama bisa menjadi momen yang berharga dalam menikmati kebersamaan dengan keluarga. Biasanya kita bisa melewati momen makan bersama saat makan pagi dan makan malam. Namun, sulit untuk membuat acara makan pagi yang berkesan, karena singkatnya waktu. Oleh karena itu, sebisa mungkin kita ciptakan momen makan malam yang berkesan, setidaknya seminggu sekali. Kita bisa memilihnya di akhir pekan. Ada dua alternatif yang bisa dipilih, di antaranya:

Pertama, makan malam di luar. Sekali-kali suami harus menyenangkan istri dan anak-anak untuk mengajaknya makan malam di luar. Selain membantu meringankan tugas istri untuk menyiapkan makan malam, makan di luar bisa menimbulkan suasana yang berbeda. Agenda seperti ini bisa dilakukan paling tidak setiap akhir pekan. Namun, jika memang kondisi ekonomi kebetulan sedang sulit, setidaknya setiap bulan harus tetap diagendakan meskipun hanya sekali. Kedua, makan malam di rumah. Kita juga bisa menciptakan momen makan malam yang berkesan di rumah. Misalnya, dengan mengadakan acara bakar-bakaran atau barbeque di halaman rumah. Suasananya pasti akan sangat menyenangkan. Karena selain acara makannya yang berkesan, kita juga masih disuguhi oleh pemandangan langit dengan dihiasi oleh ribuan bintang yang begitu indah.

Perencanaan Bersama Pasangan

Cobalah untuk berdiskusi bersama pasangan mengenai hal-hal positif yang ingin dilakukan. Jika perlu, buatlah catatan-catatan kecil mengenai hal-hal yang ingin dilakukan tersebut. Sebagai pengingat dan penyemangat untuk bisa mewujudkan impian tersebut, Anda bisa menempelkannya di kamar. Apabila rencana-rencana tersebut memang membutuhkan biaya yang lebih banyak, Anda bisa mempersiapkannya jauh-jauh hari sebelumnya.

Liburan tiga bulan sekali

Salah satu obat kebosanan yang paling ampuh adalah rekreasi. Mengadakan wisata bersama keluarga bisa diagendakan setiap tiga bulan sekali. Anak-anak tentunya membutuhkan hiburan setelah menghadapi ujian akhir semester. Selain itu, rekreasi bisa menjadi salah satu hiburan sekaligus suntikan semangat bagi anak-anak untuk menghadapi semester berikutnya. Apabila memiliki keterbatasan biaya, setidaknya acara semacam ini bisa diagendakan setiap akhir tahun.

Kunjungan Keluarga

Salah satu alternatif lainnya untuk mengisi liburan adalah dengan mengunjungi kerabat. Selain untuk menjalin tali silahturahmi, mengunjungi kerabat bisa mematikan kebosanan dan rutinitas harian yang menjenuhkan. Kegiatan ini juga bisa melahirkan keceriaan dan kebahagiaan anak-anak, manakala mereka bertemu dengan sepupu-sepupu mereka, paman atau bibi, juga kakek dan neneknya.

Demikian beberapa tips untuk menjaga rumah tangga dari kebosanan. Keterbukaan antara suami dan istri sangat penting. Ketika salah satu sudah merasakan kebosanan, sebaiknya langsung didiskusikan bersama pasangannya agar bisa dicari jalan keluarnya. Mungkin Anda memiliki pengalaman dan pendapat yang lain? Silakan bagi tips-tips Anda dalam menghadapi kebosanan dalam rumah tangga agar bisa menginspirasi orang lain.

About the author

Related Posts