Tips Agar Makan Siang Mu Sehat Dan Bergizi
Health

Tips Agar Makan Siang Mu Sehat Dan Bergizi

Makan siang adalah makan yang dilakukan pada waktu siang hari. Waktu makan ini dilakukan untuk mengisi kembali perut setelah tubuh melakukan aktivitas sejak pagi hari.

Makan siang dilakukan oleh kebanyakan orang di sekolah atau tempat kerja karena umumnya, pada waktu ini, mereka sedang tidak berada di rumah. Membawa bekal untuk makan siang menjadi cara utama untuk memastikan menu makan siang Anda sehat dan memiliki gizi seimbang. Riset membuktikan sekitar menu makan siang yang tak sehat berisiko tinggi menyebabkan kegemukan, naiknya tekanan darah dan kolesterol, hingga mengganggu produktivitas. Hal ini tentu saja berbahaya karena adanya risiko penyakit tidak menular di masa depan.

Berikut 5 Tips agar makan siangmu sehat dan bergizi :

1. Tentukan sejak pagi

Merencanakan menu makan sehat akan jauh lebih mudah dilakukan saat sudah sarapan denga perut kenyang, dibandingkan saat sudah mulai lapar. Saat telanjur lapar, maka pilihan menu makan akan cenderung tidak sehat dan mengandung banyak kalori.

“Temuan kami menunjukkan bahwa memesan makanan saat sudah merasa lapar dan siap makan bisa memicu peningkatan jumlah kalori yang dipesan,” kata Eric M Can Epps dari University of Pennsylvania.

2. Gizi seimbang

Makan siang yang baik haruslah memenuhi prinsip gizi seimbang. Dengan kata lain, ada sumber karbohidrat, protein, serat serta mikronutrien seperti vitamin dan mineral.

3. Salad dan smoothies

Tak ada salahnya menambah salad dan smoothies dalam menu makan siang Anda. Salah dan smoothies dapat menjadi sumber serat yang baik, sekaligus menyegarkan tenggorokan dan mengirit pengeluaran karena salad dan smoothies bisa diperoleh dengan harga murah.

Makan salad bisa dipadukan dengan kentang bakar atau kentang rebus. Hindari pemberian dressing atau saus yang berlebihan karena tidak memiliki efek baik bagi tubuh.

Tips Agar Makan Siang Mu Sehat Dan Bergizi

4. Makanan yang Mengandung karbohidrat

Karbohidrat sangat dibutuhkan oleh tubuh karena merupakan sumber energi utama tubuh. Karbohidrat adalah senyawa berunsur karbon, hidrogen, dan oksigenyang memiliki berbagai fungsi sebagai bahan bakar, misalanya glukosa.

Makanan utama yang mengandung karbohidrat ini adalah nasi. tantu saja, nasi menjadi makanan yang sangat penting untuk dipilih sebagai menu makan siang. Di samping sebagai makanan pokok, nasi juga merupakan makanan dengan kandungan karbohidrat tinggi yang dapat membantu tubuh mendapatkan energi.

Kandungan karbohidrat dalam nasi adalah karbohidrat sederhana sehingga mudah terurai menjadi gula dalam tubuh. Namun demikian, karbohidrat yang paling baik adalah karbohidrat kompleks yang lebih lama terurai. Karbohidrat jenis ini akan membuat Anda kenyang lebih lama.

Selain nasi, ada beberapa makanan lain yang juga kaya karbohidrat. Ini dapat Anda jadikan alternatif lain untuk makan siang, yaitu : Jagung, sagu, singkong, ubi, kentang, oat, dan pasta.

5. Makanan yang Mengandung Vitamin

Vitamin merupakan zat kimia atau zat esensial yang terdapat dalam zat makanan. Vitamin sangat diperlukan oleh tubuh untuk membantu kelancaran penyerapan zat gizi ddan proses metabolisme tubuh. Artinya, vitamin berfungsi untuk membantu pengaturan atau proses kegiatan tubuh, terutama dalam metabolisme tubuh. Dan meskipun hanya diperlukan dalam jumlah sedikit, kekurangan vitamin dapat menyebabkan terganggunya kesehatan.

Berikut contoh makanan yang mengandung vitamin : Wortel, Bayam, Anggur, Ikan, udang, Susu dan masih banyak lainnya.

About the author

Related Posts