tipe bos
Entertainment

11 Tipe Bos Menyebalkan dan Cara Menghadapinya, Bosmu yang Mana Nih?

11 Tipe Bos – Siapapun pastinya ingin memiliki kehidupan dunia kerja yang nyaman dengan lingkungan kerja yang menyenangkan. Namun kenyataan tak selalu ideal seperti keinginan tersebut, salah satunya saat Anda punya bos yang menyebalkan.

Sebuah kajian dari Gallup menyebutkan bahwa hampir separuh karyawan hengkang dari perusahaan karena bosnya yang buruk.

Pakar karier di Gallup—tak disebutkan namanya—mengatakan memiliki bos yang sangar sama seperti terkena dua pukulan dalam sekali pukul. Maksudnya, karyawan merasa tidak nyaman ketika bekerja dan perasaan itu mengikutinya sampai ke rumah. Beban stres pun bertambah dan itu dapat mempengaruhi kehidupan karyawan.

Bahkan sebuah kajian dari Sekolah Bisnis Kelley di Indiana University menunjukkan hasil yang tak kalah mengejutkan. Hubungan karyawan dengan bos yang menyebalkan bisa membuat karyawan lebih cepat meninggal. Disebutkan bahwa 15,4 persen alur kerja mereka bisa membuat mereka lebih cepat meninggal.

Nah, ada sebelas tipe bos yang dapat mengganggu kinerja seorang karyawan. Ada dua solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi tipe-tipe bos ini. Solusi pertama adalah dengan resign, sedangkan solusi kedua adalah menghadapinya, seperti dilansir dari Goodhousekeeping berikut ini:

  1. Si Tidak Berkualitas

Mungkin Anda pernah mengalami hal ini, mendapatkan seorang bos yang tidak memahami proses pekerjaan di tempat kerja Anda. Alih-alih menyalahkan dirinya atas ketidakmampuannya, lebih baik Anda sering-sering mengajaknya berkomunikasi. Bisa dimulai dari menanyakan asalnya. Hal ini dapat digunakan sebagai pertukaran informasi, jika sewaktu-waktu Anda yang berganti tempat kerja dengan bidang yang sama dengannya. Hal tersebut juga akan menaikkan citra diri Anda di mata sang bos. Jika memang pada akhirnya, ia tidak bisa melakukan apa pun, mungkin perekrutan untuknya ini adalah salah satu bagian dari perusahaan yang tidak boleh diketahui oleh siapa pun.

  1. Si Lepas Tangan

Jika saat ini Anda sedang berada dalam posisi pegawai di bawah bos yang lepas tangan mungkin ini ada baiknya untuk Anda. Anda bisa melakukan hal-hal terbaik, namun jika ada suatu kesalahan, maka sepenuhnya adalah tanggung jawab Anda. Hal terbaik yang dapat Anda lakukan jika berhadapan dengan bos tipe ini adalah mengatur pertemuan rutin yang melibatkan bos Anda untuk membahas proyek yang sedang Anda kerjakan saat ini.

  1. Si Santai

Anda ingin datang terlambat setiap hari? Bukan masalah! Anda ingin berpenampilan santai setiap hari? Lakukan saja! Struktur bukanlah sebuah prioritas dari tipe bos yang satu ini. Tidak ada lagi yang tertarik dengan menimbulkan konflik daripada melihat hasil. Tipe bos ini mungkin orang yang menyenangkan, namun ia tidak akan memotivasi Anda, sehingga karier Anda mungkin akan statis. Carilah teman-teman kerja yang mampu membuat Anda menghasilkan kinerja yang baik. Hal ini dapat menghasilkan performa terbaik di kantor, juga menghindari kebiasaan buruk dari bos Anda.

(Baca juga: 6 Tema Pernikahan 2018 yang Bisa Kamu Jadikan Inspirasi)

  1. Si Teman Sendiri

Sebenarnya menyenangkan punya bos teman sendiri. Anda dapat sesekali mengajaknya keluar makan, setelah bekerja seharian di kantor. Hubungan yang terjalin pun akan lebih luwes. Namun, berhati-hatilah untuk tidak membicarakan masalah pribadi Anda secara mendalam kepadanya. Seperti masalah pernikahan atau keluarga Anda. Pekerjaan Anda memang akan jauh lebih menyenangkan, namun ketika ada sebuah masalah yang tidak dapat dihindari, Anda tidak akan tahu apa yang dapat terjadi pada pekerjaan atau pendapatan Anda selanjutnya.

  1. Si Peneriak

Ini adalah tipe bos yang senang berteriak-teriak, baik dalam keadaan senang mau pun marah. Tipe bos seperti ini mungkin akan jadi tekanan bagi Anda. Lalu bagaimana menghadapinya? Pertama anggap saja Anda sedang berada di suatu pertandingan sepak bola dan ia adalah pelatih Anda yang sedang berteriak-teriak. Jika cara ini tak mempan, mungkin Anda dapat meniru nada suara bicaranya disesuaikan dengan suasana kantor Anda di saat tertentu, mungkin ini akan membuatnya sadar.

  1. Si Pengatur

Tipe bos ini akan selalu menemukan cara untuk mengkritik pekerjaan yang sedang Anda lakukan, atau melakukan suatu perubahan tertentu terhadap apa yang telah Anda kerjakan. Masalah pengendalian diri yang dialaminya bukan masalah Anda, sehingga untuk menghadapi tipe bos seperti ini, Anda perlu menjadi bijaksana. Jika Anda telah menyelesaikan pekerjaan Anda dan diminta untuk mengubahnya di saat-saat terakhir presentasi, katakan padanya bahan yang Anda bawa telah selesai dan mintalah ia untuk fokus pada beberapa hal lainnya.

(Baca juga: Awas, Jangan Pernah Melepas Sepatu di Dalam Pesawat!)

  1. Si Micromanager

Tipe bos yang satu ini terlalu banyak mencampuri urusan pekerjaan Anda. Memang pekerjaan yang Anda lakukan adalah tanggung jawabnya, namun jika terlalu sering melakukannya mungkin Anda merasa sebagai orang yang tidak bisa dipercaya. Atau bahkan kreativitas Anda menjadi terhambat. Untuk membiasakan diri dengan bos tipe ini sebaiknya Anda sering-sering mengajaknya berkomunikasi atau memberi laporan atas pekerjaan yang Anda lakukan sesering mungkin.

  1. Si Penggila Kerja

Keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi tentu bukan hal yang bisa Anda dapatkan jika bekerja untuk bos tipe yang satu ini. Jika Anda menerima tekanan yang cukup besar, maka ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menghadapinya. Pertama, jika bos Anda memberikan banyak tugas dalam waktu bersamaan, katakan padanya Anda sedang mengerjakan proyek dan tugas yang sudah menunggu.

  1. Si Impulsif

Minggu lalu, hampir setiap hari Anda keluar untuk minum kopi pada jam makan siang. Minggu ini, Anda bahkan tidak dapat meninggalkan meja Anda, karena bos Anda membaca sebuah artikel yang mengatakan bahwa hal ini dapat meningkatkan produktivitas. Sarannya adalah jangan mudah mengikuti apa yang disarankannya untuk Anda lakukan. Jika Anda melakukan semua perubahan yang diharapkannya, maka ini akan membuat Anda gila. Terapkan beberapa perubahan yang sesuai dengan diri Anda.

  1. Si Manipulator

Tipe bos ini mungkin adalah yang paling dihindari dan dibenci. Ia tidak khawatir untuk membuat janji palsu. Mempunyai bos dengan tipe ini akan mengajarkan Anda tentang pentingnya sebuah moralitas dan bagaimana mengatakan ‘tidak‘ dengan alasan yang logis. Salah satu saran terbaik untuk menghadapi tipe bos ini adalah dengan terus mengulangi pertanyaan Anda dan merekam setiap pembicaraan Anda dengannya untuk kepentingan pekerjaan Anda sendiri di masa mendatang.

      11. Si Narsis

Sosok bos seperti ini punya kebiasaan selalu mengagungkan pekerjaannya. Selain itu kadang mereka juga tidak sadar bahwa aturan kantor dibuat untuk semua orang tanpa kecuali, termasuk untuk dirinya.

Satu hal yang menyebalkan, bekerja dengan orang narsis berarti pekerjaan Anda tak akan pernah dianggap. Mereka cenderung bertindak sesuai dengan kemauannya sendiri. Mereka cenderung banyak drama dan mencari perhatian orang, tapi tidak ada tindakan baik dalam hal kepemimpinan.

Jika punya bos seperti ini, sebaiknya carilah pengarahan dari tempat lain. Simpan catatan pencapaian akan proyek Anda sendiri dan jangan andalkan bos Anda untuk melakukannya.

(Baca juga: Tak Harus Pakai Bunga, 4 Buket Bunga Unik Ini Juga Bisa Percantik Pernikahanmu)

About the author

Related Posts