menyala
Health

Lebih Baik Mana, Tidur dengan Lampu Menyala atau Mati?

Beberapa orang memiliki kebiasaan tidur yang berbeda-beda. Ada yang biasa tidur jika lampu kamarnya tetap menyala, dan adapula yang lebih menyukai jika lampu kamarnya dimatikan. Namun manakah yang lebih baik, tidur dalam kondisi lampu menyala atau mati?

Jawabannya, ternyata tidur dengan lampu dimatikan terbukti lebih baik untuk kesehatan manusia. Mengapa?

Saat kita tidur dalam kondisi gelap, tubuh memproduksi hormon melatonin. Hormon melatonin adalah salah satu hormon yang menunjang kekebalan tubuh. Berkat hormon ini. kita dapat terhindar dari penyakit yang parah sekalipun, seperti kanker payudara dan kanker prostat.

Sedangkan saat lampu dinyalakan, tubuh akan memicu ekspresi berlebihan dari sel yang berhubungan dengan pembentukan kanker. Rupanya, cahaya lampu saat tidur dapat menjadi salah satu pemicu penyakit kanker. Orang yang tidur menggunakan lampu lebih rentan pada resiko penyakit kanker dibanding yang tidak.

”Orang-orang yang bangun di malam hari disarankan untuk tidak menyalakan lampu. Kami percaya bahwa setiap kali menyalakan cahaya buatan pada malam hari akan memiliki dampak pada jam biologis tubuh, karena ini adalah mekanisme yang sensitif,” kata Dr Rachel Ben-Sclomo dari University of Haifa, seperti dikutip dari Dailymail.

Dr Rachel menambahkan bahwa ini masih terbatas pada temuan terbaru dan penelitian pendahuluan . Tapi sekarang ia dan timnya menganalisis tengah wilayah ini secara lebih rinci . Hasil ini juga telah dilaporkan dalam jurnal Cancer Genetics dan Sitogenetika.

Selain itu tidur dengan kamar yang gelap akan membuatmu jauh lebih lelap dan saat bangun badanmu akan terasa lebih segar Ladies. Nah, semoga informasi ini bermanfaat ya!

(Baca juga: 10 Kuliner Kaki Lima Legendaris di Bogor)

About the author

Related Posts