Make Up
Beauty

Ternyata Make Up Itu Ada Waktu Kadarluarsanya Lho

Untuk para wanita apakah anda tahu bahwa make up yang anda gunakan itu memiliki waktu kadarluarsa? Jika belum tahu maka, perhatikan make up anda agar tidak menggunakan make up yang seharusnya tidak anda gunakan. Lalu bagaimana cara mengecek kadarluarsa make up?

Jika anda perhatikan pada kemasan kosmetik anda cek simbol PAO di kemasan kosmetik anda. Bentuknya seperti pot dengan tutup setengah terbuka yang didalamnya terdapat angka lama waktu penggunaan maksimal kosmetik tersebut. Misal, dalam simbol tertulis 12m (12 month), itu artinya produk anda hanya bisa anda gunakan selama 12 bulan sejak produk itu anda gunakan pertama kali. Dan jika memang sudah melebihi dari waktu penggunaan, lebih baik anda singkirkan komestik anda itu.

Berikut ini berapa lama komestik anda masih layak digunakan :

1. Lipstick anda bisa tahan cukup lama, nih. Bisa sampai 2 tahun.
Kalau lipstick anda sudah mulai berubah warna, berbau aneh, dan tekstur nya mulai berubah, anda harus mulai waspada. Jangan-jangan lipstick anda sudah kadaluwarsa. Coba ingat-ingat lagi kapan, ya, anda membeli lipstick itu. Sudah lebih dari 2 tahun atau belum ? (Baca juga: Lipstick Yang Tepat Untuk Gigi Putih)

2. Bedak, blush on, dan eye shadow juga nggak kalah lama, sih. Kira-kira 1-2 tahun.
Pastikan kalau alat yang anda gunakan untuk mengaplikasikan Bedak, blush on, dan eye shadow dalam keadaan bersih ya, guys. Pastikan juga Bedak, blush on, dan eye shadow anda selalu dalam kondisi tertutup rapat. Hal ini perlu anda lakukan untuk meminimalisir kontaminasi bakteri dalam kosmetik anda. Anda nggak mau ‘kan, pakai kosmetik yang sudah tidak layak pakai?

3. Berbeda kemasan, berbeda pula lama waktu penggunaan foundation.
Foundation dengan kemasan pot lebih cepat mencapai waktu kadaluwarsa, yaitu sekitar 6 bulan. Sedangkan foundation dalam kemasan pump bisa bertahan lebih lama, yaitu sampai 2 tahun, guys. Nah, cek yuk foundation anda yang kemasan nya seperti apa. Pastikan apakah masih layak digunakan atau sudah waktunya anda membeli yang baru.

4. Eyeliner anda berbentuk gel atau pensil ? Waktu penggunaan nya berbeda, lho!
Gel eyeliner hanya bertahan antara 6-8 bulan, sementara pencil eyeliner bisa bertahan hingga 1 tahun. Loh, kok bisa ? Eyeliner berbentuk pensil perlu sering diraut, sehingga tidak ada tempat berkembangbiak bagi bakteri, sedangkan eyeliner dalam bentuk gel tidak.

5. Perhatikan, guys, ternyata maskara hanya bisa bertahan 3-6 bulan.
Apakah anda terbiasa mengocok tutup maskara atau brush maskara ke dalam produk sebelum digunakan ? Anda harus mulai menghentikan kebiasaan ini. Kebiasaan ini justru akan mengakibatkan maskara anda cepat kering dan mempermudah timbulnya kontaminasi bakteri. Lebih baik, anda putar tutup maskara anda dengan gerakan memutar untuk menghasilkan coverage yang maksimal. Kalau maskara sudah mulai kering, berubah tekstur, bau dan warna, lebih baik maskara ini anda singkirkan, ya.

Setelah membaca artikel diatas anda diharap lebih memahami kira-kira kapan ya bisa mengganti kosmetik. (Baca juga: 6 Tips Merias Wajah Sesuai Bentuk Wajah)

About the author

Related Posts