Tempe
Food

Tempe, Diremehkan Bangsa Sendiri Tapi Populer Di Luar Negeri

Siapa yang tak kenal tempe? Ya, makanan khas indonesia ini, terbuat dari fermentasi biji kedelai dan juga terbuat dari ragi. Meski seringkali diremehkan karena murah, tapi tahukah kamu bahwa makananan ini ternyata populer hingga ke mancanegara?

Bahkan siapa sangka, jika tempe yang biasa kita beli dengan harga Rp 2.500 di Indonesia, bisa menjadi makanan yang mahal banget lho di beberapa negara.  Disebut dengan nama Tempeh, apa saja negara-negara tersebut? Yuk simak langsung daftarnya di bawah ini:

  1. Swiss

Negara yang masih masuk ke dalam benua Eropa ini, ternyata masyarakatnya juga suka mengkonsumsi tempeh. Bahkan WNI yang tinggal di Swiss juga rela membeli makanan khas Indonesia ini yang harganya berkali-kali lipat dari harga yang ada disini. Di negara ini, tempe berkisar 1,79 Euro atau Rp 27.809 untuk ukuran 400gr alias sepotong ukuran kecil.

  1. Jerman

Masih di wilayah Eropa nih, Jerman yang “tetanggaan” dengan Swiss juga mengkonsumsi tempe lho. Siapa sangka kalau di negara multikultur ini harga tempeh hampir sama dengan harga paha ayam, yaitu sekitar 1,99 Euro atau sekitar Rp 30.917. Akan tetapi, tempe ini bukan hasil impor dari Indonesia tetapi di produksi oleh Natural Vegetarian Food b.v yaitu perusahaan lokal Jerman.

  1. Jepang

Negeri Matahari Terbit ini sudah terkenal oleh King of Tempeh yaitu Rustono, ia merupakan warga negara Indonesia yang telah menikah dengan wanita Jepang dan kemudian ia mendirikan Rusto’s Tempeh. Rustono mengakui bahwa ia menggunakan ragi asli dari Indonesia, itulah yang menjadikan tempenya rasa “Indonesia banget” dan berbeda dari tempeh yang ada di Jepang. Di Negeri Sakura, harga tempe buatan pak Rustono dihargai sekitar 350¥ atau Rp 41.994 per 250 gram.

Baca juga: Tidak Sempat Mandi? Lakukan Ini Agar Kamu Tetap Terlihat Segar

  1. Perancis

Jika biasanya Paris terkenal dengan kiblat mode dunia, berbeda dengan Ana Larderet. Perempuan asal Perancis yang pernah kuliah di Universitas Gadjah Mada Jogjakarta, mengaku jatuh cinta dengan makanan ini. Ketika kembali ke negaranya, ia berusaha belajar membuat tempe untuk dikenalkan dan dijual di Prancis. Berbekal dengan pertemanannya dengan Pak Rustono, Ana belajar via Skype hingga akhirnya dirinya berhasil membuat tempe. Tempeh di Perancis di banderol dengan harga 4-8 euro atau sekitar Rp 62.144 hingga Rp 124.289.

  1. Inggris

Bagi penduduk negara Inggris, tempe adalah makanan mewah lho! dan biasanya penggemar makanan ini adalah orang-orang vegetarian. Mereka rela membayar hingga Rp 225.000 untuk memakan tempe di restoran. Dan untuk 800gr tempeh di hargai 8,40 atau Rp 145.578.

  1. Australia

Negara Kangguru juga terdapat banyak warga yang mencintai panganan tempe ini lho, tapi tau enggak kalau harga tempe di Australia ini juga berlipat ganda dari harga di Indonesia? Di situs Ebay, tempeh from Australia di hargai AUD 15,00 atau Rp 158.182 untuk satu wadah ukuran sedang.

Nah setelah mengetahui harga tempe di luar negeri apakah masih mau bilang kalo tempe makanan ndeso? Atau bahkan Jangan-jangan ada yang mau usaha tempe juga di negara lain? Ayo bangga dengan makanan Indonesia! Salam tempe ya!

About the author

Related Posts