Wisata ramah anak
Tourism

Yuk Intip 5 Tempat Wisata Ramah Anak di Yogyakarta!

Kota Yogyakarta seringkali memang menjadi destinasi liburan favorit, karena selain memiliki berbagai makanan yang lezat dan variatif, kota ini juga memiliki tempat-tempat wisata ramah anak yang pastinya cocok bagi Anda yang berlibur bersama keluarga.

Bahkan, beragam wisata anak tersebut tidak hanya menarik dan menyenangkan, tetapi juga edukatif, sehingga bisa memberikan tambahan pengetahuan baru pada anak-anak Anda.

Tidak percaya? Yuk simak lima tempat wisata ramah anak di Yogyakarta berikut ini yang patut Anda kunjungi bersama keluarga :

  1. Taman Pintar: tempat bermain sambil belajar

Belajar sebenarnya bisa dengan cara yang menyenangkan, contohnya seperti di Taman Pintar ini. Disini, anak Anda dapat belajar berbagai pengetahuan baru dengan suka cita. Seperti diantaranya, si kecil dapat belajar mengenai gelombang suara melalui “Dinding Berdendang” dan “Pipa Bercerita”, belajar mengenal warna di “Cakram Spektrum Warna”, mendapatkan sejarah terbentuknya alam semesta di dalam wahana “Gedung Oval”, dan berbagai wahana dan atraksi lainnya yang pastinya seru dan edukatif.

Jika ingin mengunjunginya, Taman Pintar buka dari jam 08.30 – 16.00 (Selasa-Minggu), dengan tiket masuk sebesar Rp.10.000,- untuk anak-anak dan Rp. 18.000,- untuk dewasa.

(Baca juga: 7 Tempat Wisata Yogyakarta Yang Lagi Happening)

  1. Perpustakaan Grhatama Pustaka: perpustakaan seru dan mengasyikkan

Jika anak Anda hobi membaca, maka tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi. Di perpustakaan Grhatama Pustaka, si kecil tidak hanya dapat membaca berbagai macam koleksi buku menarik, tetapi mereka juga bisa menikmati bioskop 6D yang terletak di lantai dasar gedung, sekaligus dapat bermain di area taman bermain yang telah disediakan.

Hebatnya lagi, di sini juga terdapat koleksi buku untuk para tunanetra, sehingga mereka yang berkebutuhan khusus tetap bisa mendapatkan pengetahuan yang dibutuhkan.

Jika ingin mengunjunginya, Perpustakaan Grhatama Pustaka buka dari jam 08.00 – 22.00 (Senin-Jumat) dan 08.00 – 16.00 (Sabtu & Minggu).

  1. Museum Dirgantara Yogyakarta: belajar beragam jenis pesawat

Jika anak Anda suka sekali pesawat atau misalnya memiliki keinginan untuk menjadi pilot di kemudian hari, maka tempat ini patut Anda kunjungi. Terletak di Bantul, Yogyakarta, Museum Dirgantara Yogyakarta sudah berdiri sejak April 1969. Disini, Anda bisa belajar dan menyaksikan beragam jenis pesawat dari dekat. Bahkan, si kecil juga bisa masuk ke dalamnya dan melihat langsung suasana kokpit pesawat-pesawat tersebut.

Tak hanya itu, di museum ini juga terdapat 28 diorama menarik dan breagam koleksi bersejarah lainnya, yang pastinya akan membuat liburan Anda dan si kecil jadi lebih seru dan menyenangkan.

Jika ingin mengujunginya, Museum Dirgantara Yogyakarta buka dari jam 08.00 – 15.00 (Selasa-Minggu), dengan tiket masuk hanya sebesar Rp.4.000 saja.

(Baca juga: Lebih Dekat Dengan Batik Batik Asal Indonesia)

  1. Desa Wisata Brayut: Belajar Menanam padi dan menabuh gamelan

Tempat wisata ini menawarkan berbagai kegiatan outdoor yang pastinya akan menjadi pengalaman yang menyenagkan untui keluarga, terutama untuk anak-anak Anda.

Di sini, Anda dan si kecil akan diajak turun langsung ke sawah sambil membawa bibit padi, dan menancapkannya langsung ke lumpur, sehingga si kecil bisa mendapatkan sensasi menjadi petani yang sedang menanam padi.

Namun jika Anda tidak ingin berkotor-kotor, Anda dan si kecil juga bisa belajar menari atau bermain gamelan di Desa Wisata Brayut.

Tak hanya itu, di sini Anda juga bisa mengajarkan pada si kecil seperti apa kearifan lokal serta kerja keras. Anda dan keluarga juga bisa memperkenalkan pada buah hati kehidupan Jawa di masa lalu, serta budaya dan adat istiadat yang mengiringi.

Nah jika tertarik, Desa Wisata Brayut  buka dari jam 08.00 – 21.00 (Senin-Minggu), dengan tiket masuk mulai dari Rp. 3.000,- untuk setiap momen pembelajaran.

  1. Museum Mainan Anak Kolong Tangga: melihat beragam mainan anak jaman dulu

Di Museum Mainan Anak Kolong Tangga, Anda bisa memperkenalkan kembali permainan dan alat bermain yang dimainkan dulu ketika masih anak-anak kepada buah hati Anda, dimana Gadget belum ada.

Disini, si kecil dapat melihat mainan-mainan seperti kuda kayu, kapal-kapalan, gasing, ketapel, dan berbagai mainan lainnya yang totalnya lebih dari 10.000 koleksi. Bahkan Anda juga bisa memperkenalkan secara langsung kepada si kecil bagaimana memainkan permainan Anda ketika masih anak-anak.

Jika ingin mengunjunginya, Museum Mainan Anak Kolong Tangga buka dari jam 09.00 – 13.00 (Selasa-Jumat) dan jam 09.00 – 16.00 (Sabtu & Minggu), dengan tiket masuk sebesar Rp.5.000 untuk dewasa dan gratis untuk anak di bawah 14 tahun.

(Baca juga: 5 Kota Di Indonesia Yang Wisata Kulinernya Wajib Anda Coba)

About the author

Related Posts