Gadget

Kecerdasan Buatan Bakal Lengkapi VW Kombi Generasi Baru

Volkswagen (VW) Kombi. Mobil ini dihentikan produksi dan penjualannya pada satu dekade terakhir. Namun bagi Anda pecinta VW Kombi, siap-siaplah, pabrikan asal Jerman mengisyaratkan bakal memproduksi mengatakan kembali VW Kombi generasi terbaru.

Raksasa otomotif Jerman, Volkswagen, tengah menyiapkan model penerus dari kendaraan penumpang ikonik VW Kombi dengan nama I.D Buzz Concept yang dibekali bermacam teknologi canggih.

Model itu menurut rencana akan dipasarkan di Amerika Serikat, Eropa dan China mulai tahun 2022 dengan bertabur fitur canggih antara lain teknologi swakemudi, desain yang progresif dan kecerdasan buatan.

Dilansir dari laman Express, VW menjalin kemitraan dengan NVIDIA untuk membawa teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) dan mendalami model yang sesuai untuk Kombi generasi berikutnya itu.

Dalam jumpa pers NVIDIA di pameran CES 2018 lalu, pimpinan Volkswagen Dr Herbert Diess dan pendiri NVIDIA Jensen Huang membahas proyeksi teknologi AI yang akan mengubah industri otomotif.

Mereka juga membahas bagaimana Microbus Concept atau I.D Buzz akan ditanamkan teknologi AI di bagian kokpit pengemudi serta fitur swakemudi.

“Kecerdasan buatan merevolusi mobil,” kata Diess saat itu. “Swakemudi, mobilitas tanpa emisi, dan digital networking hampir tidak mungkin juga tidak ada kemajuan dalam AI dan pembelajaran yang mendalam.”

“Menggabungkan imajinasi Volkswagen dengan NVIDIA, pemimpin teknologi AI, memungkinkan kami mengambil langkah besar ke masa depan,” katanya.

Baca Juga : 5 Tempat di Bumi yang Tak Ada Gravitasi

Salah satu fitur yang akan dikerjakan perusahaan adalah kemampuan Intelligent Co-Pilot yang mencakup sistem kenyamanan dan bantuan berdasarkan data sensor pemrosesan baik dari dalam maupun dari luar mobil.

Salah satu fitur dari sistem ini adalah kemampuan untuk terus diperbaiki melalui update perangkat lunak. Hal itu sejalan dengan perjalanan teknologi swakemudi yang terus berkembang, sehingga pembaruan perangkat lunak mesti terus dijalankan.

Sistem itu mampu menganalisa medan jalan dan menilai situasi yang berbeda, menganalisa perilaku pengemudi dan pengguna jalan lainnya.

Sebuah sistem juga memungkinkan mobil membukakan pintu kepada pemiliknya berdasarkan pengenalan wajah yang saat ini masih dikerjakan.

Hal lain yang tengah dibahas adalah fitur peringatan pengemudi terhadap pengguna sepeda, pengenalan isyarat atas kontrol pengguna, kontrol melalui suara, dan pelacakan atas hal-hal yang mengganggu perhatian pengemudi saat berkendara.

I.D Buzz merupakan satu dari 20 kendaraan listrik yang akan diperkenalkan setelah tahun 2020. Mobil itu menempatkan baterai di bagian lantai supaya memberikan kelegaan di ruang kabin.

About the author

Related Posts