Metabolisme tubuh
Health

Tak Ingin Metabolisme Tubuh Menurun? Hindari 11 Hal Ini

Berada di lingkungan yang bersih saja ternyata belum tentu bisa menjadi penentu apakah metabolisme tubuh Anda terjaga dengan baik.

Metabolisme dapat digambarkan sebagai proses kimia yang terjadi di dalam tubuh manusia agar dapat mempertahankan fungsi normalnya. Jika tingkat metabolisme rendah, ini bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan, mulai dari lelah letih lesu hingga penyakit berbahaya seperti diabetes dan kanker.

Metabolisme yang terjadi pada tubuh Anda, tidak hanya bisa Anda kendalikan melalui apa yang dikonsumsi, tetapi bisa juga dari hal-hal lainnya.

Nah agar metabolisme Anda tidak turun dan tetap terjaga dengan baik, berikut hal-hal yang bisa mengganggu tingkat metabolisme Anda. Dilansir dari Boldsky, ada 11 kebiasaan yang sebaiknya dihindari jika ingin meningkatkan masalah metabolisme:

  1. Tak Makan

Kebiasaan melewatkan makan siang atau makan malam bahkan sarapan, bisa memperlambat laju metabolisme. Jangan sampai melewatkan makan apalagi sarapan.

  1. Makan Terlalu Sedikit

Saat sibuk atau berniat diet, orang cenderung makan sangat sedikit dan menghitung kalori sebelum mengonsumsi makanan. Makan sedikit makanan juga bisa menyebabkan metabolisme melambat karena tubuh membutuhkan bahan bakar untuk menjaga tingkat metabolisme.

  1. Kurang Minum

Tidak mengonsumsi 2 liter air per hari dapat menyebabkan dehidrasi dan masalah kesehatan lainnya. Dehidrasi dapat memperlambat metabolisme.

  1. Makan Sayuran Mentah Berlebihan

Sejumlah besar sayuran mentah sulit dicerna dengan mudah oleh usus dan menghabiskan banyak energi, jadi proses ini juga bisa memperlambat metabolisme.

(Baca juga: 7 Menu Makan Malam Anti Gemuk)

  1. Menghindari Lemak Baik

Kebanyakan orang cenderung menghindari segala jenis lemak untuk menurunkan berat badan atau mencegah kenaikan berat badan. Namun, lemak sehat seperti asam lemak omega-3, ditemukan dalam kacang-kacangan, kelapa, alpukat, untuk meningkatkan tingkat metabolisme.

  1. Kurang Kalsium

Susu adalah salah satu sumber kalsium alami terbaik. Kekurangan kalsium juga bisa memperlambat metabolisme. Maka asupan kalsium harus terukupi setiap hari.

  1. Mengonsumsi Pemanis Buatan

Banyak makanan dan minuman saat ini mengandung pemanis buatan dalam jumlah tinggi meski diklaim rendah lemak. Maka orang mencoba mengganti gula biasa dengan pemanis buatan. Sayangnya pemanis buatan banyak mengandung toksin, yang tidak hanya dapat menurunkan tingkat metabolisme secara signifikan, namun juga menyebabkan penyakit seperti diabetes.

  1. Sering Stress

Terlalu sering stress karena hal-hal kecil, maka itu bisa menjadi salah satu penyebab metabolisme yang melambat. Karena stres dapat menghasilkan hormon yang dikenal sebagai kortisol, yang dapat menurunkan tingkat metabolisme.

(Baca juga: 12 Makanan yang Membuat Umur Panjang)

  1. Tidak Berolahraga

Berolahraga sangat penting bagi tubuh manusia untuk tetap sehat. Bahkan beberapa jam berolahraga dalam

seminggu bisa membuat perbedaan positif. Tak berolahraga sama sekali pasti bisa memperlambat metabolisme.

  1. Diet Tak Sehat

Diet tak sehat bisa memperlambat metabolisme dan menyebabkan kekurangan gizi.

  1. Alkohol

Alkohol memiliki sejumlah efek kesehatan yang berbahaya dan memperlambat laju metabolisme.

About the author

Related Posts