Tourism

Surabaya Tuan Rumah Japan Week 2018

Konsulat Jenderal Jepang membuat agenda tahunan festival Japan Week 2018 di Kota Surabaya pada 23-28 Januari 2018.

Konsul Jenderal Jepang Masaki Tani mengatakan Japan Week 2018 merupakan festival pengenalan budaya Jepang kepada masyarakat Jawa Timur, khususnya Surabaya. Acara ini bertujuan mempererat persahabatan antara Jepang dan Indonesia.

“Japan Week 2018 ini menjadi bagian dari serangkaian acara peringatan 60 tahun hubungan diplomatik Jepang-Indonesia,” kata Masaki di Surabaya.

“Sepanjang 2018 akan dilaksanakan berbagai acara baik di Jepang maupun di Indonesia. Khusus di Surabaya dipersiapkan Japan Week 2018,” katanya.

Menurut dia, logo yang digunakan dalam setiap acara peringatan 60 tahun hubungan diplomatik Jepang-Indonesia ini telah diumumkan oleh kedua pemimpin negara pada pertemuan yang dilaksanakan pada 12 November. “Seperti diketahui pada logo ini terlukis bendera kedua negara, bunga sakura dan wayang,” katanya.

Logo tersebut, lanjut dia, dirancang oleh seorang siswa SMA dari Kabupaten Ngawi, Jatim, bernama Krisna Setya Wiratama.

Terpilihnya desain logo hasil kreativitas pemuda Jatim itu setelah menyisihkan lebih dari 400 desain yang diterima dari peserta lomba logo dari berbagai kalangan masyarakat di Jepang dan Indonesia. “Ini membuktikan betapa besar dan dalamnya perhatian serta pengertian dari masyarakat Jawa Timur terhadap Jepang,” katanya.

Baca Juga : Wisata Durian Ditawarkan di Pesisir Selatan

Penyelenggara dan pendukung acara ini adalah Komunitas Furinkazan Indonesia, yang berbasis di Surabaya, Perhimpunan Alumni dari Jepang (Persada), Globe Rent a Car, dan C2O Library & Collabtive.

Masaki mengatakan, dalam acara ini akan ditampilkan budaya tradisional dan populer Jepang. Salah satunya aikido dan cosplay Gundam, yang akan digelar di Atrium Food Society Pakuwon Mall, Jalan Puncak Indah Lontar 2, Surabaya.

Selain acara kebudayaan dan kesenian, ada pemeriksaan gigi ala Jepang secara gratis serta pameran high-tech, yang akan dipamerkan selama acara berlangsung.

Adapun acara-acara menarik lain yang akan disajikan selama Japan Week 2018 antara lain seni tambur Jepang, Wadaiko, serta pemutaran film Jepang.

Ada juga penampilan sejumlah artis Jepang, di antaranya Hiroaki Kato dan Haruka Nakagawa, yang menjadi duta persahabatan 60 Tahun Hubungan Diplomatik Jepang-Indonesia.

 

About the author

Related Posts