jelang-asean-games-sumsel-siapkan-destinasi-wisata-toptier
Tourism

Jelang Asean Games 2018, Sumsel Siapkan Destinasi Wisata

Menjelang pelaksanaan Asian Games XVIII di Palembang tahun 2018, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) gencar mempromosikan beberapa destinasi wisata. Beberapa tempat wisata yang ada di daerah ini terus dibenahi agar nantinya pengunjung semakin nyaman.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang Isnaini Madani di Palembang, Ahad (10/9), menyebutkan beberapa destinasi wisata baru pada tahun ini, seperti kampung rumah rakit warna-warni di tepian Sungai Musi, Sekanak Kerihin, Tugu Belido, dan Sudirman Walk.

“Sudah banyak yang bermunculan. Akan tetapi, Palembang terus menggali, termasuk wisata bercitarasa ‘kampung’, seperti Kampung Al Munawar dan Kampung Kapitan,” kata Isnaini.

Destinasi wisata lainnya yang sudah eksis, kata dia, tidak luput dari penataan terkait dengan Asian Games ini. Misalnya, Bukit Siguntang, Benteng Kuto Besak, Kampung Al Munawar, Kampung Kapitan, Monpera Kreatif Corner, dan Taman Sky Park. Semuanya ada di Sumsel.

“Kami juga telah meminta jam operasional museum di Palembang bisa dibuka sampai malam,” katannya.

Baca Juga: Tips Jitu Solo Travelling ke Yogyakarta

Sementara itu, Asosiasi Biro Perjalanan Wisata (Asita) Provinsi Sumsel mengharapkan pemerintah mempercantik sarana dan prasarana di lokasi wisata Kota Palembang untuk menambah nilai jual di tengah tingginya persaingan pada sektor pariwisata.

Salah seorang anggota pengurus Asita Sumsel bidang promosi, Ari Afrizal mengatakan sebagian besar lokasi pariwisata di Palembang belum dikemas secara maksimal dari sisi infrastruktur, sehingga kurang menimbulkan kesan mendalam bagi para wisatawan.

Tempat-tempat wisata di Palembang, Sumsel ini sebenarnya sudah tidak kalah dengan daerah lain di Indonesia tapi kurang begitu dikemas sehingga terlihat biasa saja. Seperti Bukit Siguntang, sebenarnya secara historis begitu luar biasa tapi secara tampilan biasa saja, malah cenderung tidak terawat,” kata Ari.

Kelayakan sarana dan prasarana pariwisata ini patut menjadi perhatian pemerintah karena menjadi alat promosi kepada wisatawan.

“Mereka yang datang ke Sumsel diharapkan bercerita ke kerabatnya dan mau datang lagi ke sini. Tapi, jika meninggalkan kesan yang tidak baik maka tidak mungkin mau datang lagi,” kata Ari.

Baca Juga : Olahraga Ini Bikin Fit di Musim Hujan

About the author

Related Posts