minum kopi
Health

Studi Sebut Minum Kopi 3 Cangkir Sehari Bermanfaat Bagi Kesehatan

kopi hitam

Apakah Anda pecinta kopi? Jika demikian, sebuah studi di British Medical Journal (BMJ) menyebut bahwa minum kopi tiga cangkir sehari memiliki beberapa manfaat kesehatan.

Periset dari University of Southampton menemukan bahwa konsumsi kopi dapat mengurangi risiko terkena masalah jantung. Risiko kematian karena masalah jantung pun menurun.

Periset tersebut mengumpulkan data tentang efek kopi terhadap tubuh manusia. Mereka mengkaji lebih dari 200 penelitian, yang sebagian besar berdasarkan pengamatan.

Dilansir dari Indian Express, dibandingkan orang yang tidak minum kopi. Orang yang minum tiga cangkir kopi sehari ternyata lebih jarang mengalami gangguan jantung atau rendahnya kasus kematian dini. Manfaat paling manjur dari konsumsi kopi terlihat pada penurunan risiko penyakit liver, termasuk kanker.

Menanggapi hasil temuan itu, Paul Roderick, salah satu peneliti studi mengatakan bahwa analisis soal kopi tersebut tidak secara jelas apakah asupan kopi telah membuat perbedaan.

Baca juga: Cari Pasangan Sesuai Golongan Darah Kamu Yuk, Siapa Tau Cocok

“Faktor-faktor seperti usia, apakah orang merokok atau tidak dan berapa banyak latihan yang mereka lakukan bisa memberi efek,” kata Roderick.

“Ada keseimbangan risiko dalam hidup, dan manfaat konsumsi kopi moderat tampaknya lebih besar daripada risikonya,” katanya.

Namun, Layanan Kesehatan Nasional Inggris menegaskan bahwa wanita hamil tidak boleh mengonsumsi lebih dari 200mg kafein sehari atau setara dengan dua cangkir kopi instan, karena jika terlalu banyak mengonsumsi kopi bisa meningkatkan risiko keguguran.

Terakhir, para periset menganjurkan kepada peminum kopi bahwa harus tetap berpegang pada ‘kopi sehat’ yaitu menghindari tambahan gula, susu, krim, disertai makanan ringan berlemak di sampingnya.

 

About the author

Related Posts