Kutub Selatan dan Kutub Utara
Entertainment

Serupa Tapi Tak Sama, Ini 5 Perbedaan Kutub Selatan dan Kutub Utara!

Anda pastinya sudah tahu, bahwa bumi memiliki dua kutub yang didominasi oleh es dan lautan, Yup, daratan es tersebut bernama Kutub Selatan dan Kutub Utara. Namun jangan salah, meskipun sama-sama didominasi es, kedua kutub tersebut sebenarnya punya perbedaan loh.

Nah supaya tidak bingung lagi, yuk simak lima perbedaan dari kutub selatan dan kutub utara seperti berikut ini:

  1. Geografis dan relief

Wilayah kutub utara (Arktik), merupakan lautan beku yang dikelilingi daratan, atau sering disebut lingkaran Arktik (Arctic Circle). Sementara wilayah kutub selatan (Antartika), adalah daratan benua dengan wilayah pegunungan dan danau berselimut es yang dikelilingi lautan.

  1. Kuantitas es

Benua paling selatan di dunia memiliki 90 persen es, itu artinya hampir 3/4 dari air bumi tertimbun di sana. Sementara es di Arktik (kutub utara) didominasi lapisan es tipis yang mudah retak saat musim panas tiba.

(Baca juga: Inilah 6 Sabana Terindah di Indonesia)

  1. Suhu yang berbeda

Kutub selatan memiliki suhu yang lebih dingin daripada kutub utara. rekor suhu terdingin pernah terjadi di kutub selatan, yaitu mencapai suhu hingga -89,6 derajat Celcius di Stasiun Vostok, dekat kutub geomagnetik selatan, sedangkan suhu normalnya pada musim dingin adalah -60 derajat Celcius. Sementara itu, suhu di kutub utara rata-rata -40 derajat Celcius.

  1. Jumlah penduduknya

Hingga saat ini, kutub selatan tidak dimiliki oleh negara manapun, karena menurut perjanjian, kutub selatan hanya boleh an untuk tujuan penelitian dan perdamaian. Berbeda dengan kutub utara, karena disana, ada setidaknya 4 juta orang yang tinggal di lingkaran arktik.

  1. Satwa

Mungkin Anda pernah mengira, bahwa penguin dan beruang  dapat ditemukan bersamaan di alam liar. Namun nyatanya, kedua hewan tersebut memiliki tempat tinggal yang berbeda. Karena penguin hanya dapat Anda temukan di kutub selatan, sedangkan wilayah kutub utara merupakan habitat alami para beruang kutub.

(Baca juga: Serasa Ke Eropa, Inilah 5 Lokasi Terdingin di Indonesia!)

About the author

Related Posts