segara anak
Tourism

Seribu Pesona, Sejuta Kisah Danau Segara Anak

Danau Segara Anak adalah satu alasan utama kenapa Gunung Rinjani terlihat begitu cantik sehingga membuat banyak sekali orang ingin mendakinya. Pendakian yang melelahkan dan memakan waktu terbayarkan dengan seribupesona yang membawa sejuta kisah.

Tidak diragukan lagi bahwa Pulau Lombok, di Provinsi Nusa Tenggara Barat memiliki banyak sekali tujuan wisata yang sangat indah. Selain pantai dan keindahan bawah lautnya, Lombok memiliki wisata alamnya. Salah satu wisata alam yang sangat menggoda adalah Danau Segara Anak yang terletak di Gunung Rinjani.

Menurut cerita rakyat, Nama Segara Anak itu sendiri berarti anak yang diberikan kepada warna birunya danau yang mengingatkan pada warna air laut. Danau juga dapat memberikan kesan tersendiri jika dipandang dari sisi manapun. Ketenangan airnya, dan hamparan warna danaunya yang luas membuat sejuk mata dan hati sekaligus.

Dengan luas area sekitar 11,3 km2 dan kedalaman mencapai 190 m danau lain tidak seperti yang lain yang relatif dapat dicapai dengan mudah, Segara Anak membutuhkan usaha lebih keras karena terletak pada ketinggian 2.008 mdpl di tengah kepungan perbukitan tinggi.

Salah satu keunikan danau ini adalah adanya sebuah gunung yang letaknya berada di tengah danau. Gunung itu bernama Gunung Baru Jari. Dalam waktu tertentu Gunung Baru Jari yang tergolong sebagai gunung api muda terkadang erupsi dan mengeluarkan lava pijar. Dalam jarak tertentu lelehan lava tersebut menjadi sebuah pemandangan yang tidak bakal terlupakan.

Daya tarik Segara Anak tidak hanya pada kecantikannya, bagi masyarakat Suku Sasak (suku asli Lombok) danau ini memiliki tempat khusus dalam kearifan lokal mereka. Pun bagi umat Hindu, Danau Segara Anak juga menjadi tempat yang cukup penting. Beberapa waktu sekali, umat Hindu di Lombok (dan juga Bali) akan berkunjung ke danau ini untuk melakukan ritual tertentu.

Danau Segara Anak ini memang dipercaya sebagai kawasan yang kental dengan aura mistis dan sakral. Konon, danau ini juga merupakan tempat perkumpulan para jin. Salah satu mitos yang paling terkenal adalah mitos yang mengatakan bahwa kawasan Danau Segara Anak merupakan kawasan yang dihuni oleh para Jin dan mahluk halus penghuni Gunung Rinjani.

Masyarakat suku sasak dan umat hindu disana sangat percaya pada hal itu, sehingga membuat mereka selalu melakukan ritual-ritual tertentu di tanggal-tanggal tertentu pula dengan tujuan agar para Jin dan mahluk halus lainnya tidak menggangu masyarakat sekitar dan juga para penduduk disana. Selain itu juga sebagai wujud syukur untuk Gunung Rinjani karena telah memberikan keuntungan dan berkah yang melimpah bagi warga sekitar.

Danau ini ternyata juga memiliki mata air belerang yang digunakan oleh masyarakat setempat dalam upacara pekelem. Selain memiliki mata air belarang, di sana terdapat Gua Susu yang berjarak sekitar 1 km dari Danau Segara Anak. Gua Susu merupakan salah satu gua eksotis dari Rinjani dengan langit-langit cantik berwarna putih seperti susu. Namun ternyata tempat ini merupakan tempat bersemedi oleh orang-orang tertentu.

(Baca Juga : 5 Hobi Extrem yang Harus Dilakukan Saat Muda)

Sedangkan untuk wisatawan, banyak hal menarik yang dapat dilakukan disini. Di Danau Segara Anak ini terdapat spesies ikan seperti Nila, Mas dan Mujair. Ikan-ikan itu sengaja dikembangbiakkan oleh pemerintah dan masyarakat setempat untuk menambah daya tarik tersendiri.

Pun di sekitar Danau Segara Anak dapat dijumpai beberapa sumber air panas dengan tingkat yang berbeda-beda. Para wisatawan dapat berendam sepuasnya di bak alami itu atau sekedar mencelupkan kaki yang lelah berjalan seharian. Menurut kepercayaan suku Sasak, air dari sumber aiar panas itu dapat menjadi obat segala macam penyakit.

About the author

Related Posts