Eropa
Tourism

Serasa Ke Eropa, Inilah 5 Lokasi Terdingin di Indonesia!

Jika membahas musim, Indonesia memang hanya memiliki dua musim saja, yaitu musim hujan dan musim kemarau, tidak seperti halnya Eropa yang memiliki empat musim dan memiliki iklim yang cenderung dingin. Karena hal inilah, banyak dari kita mungkin ingin merasakan rasanya suhu dingin.

Namun jangan salah, meskipun iklim di Indonesia cenderung panas, ternyata ada loh beberapa lokasi di Indonesia yang memiliki suhu dingin layaknya di Eropa. Penasaran? Simak daftarnya di bawah ini :

  1. Gayo Lues (Nanggroe Aceh Darussalam/Aceh)

Lokasi pertama di Indonesia yang terkenal akan udara dinginnya adalah Gayo Lues. Kabupaten Gayo Lues terletak pada ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut dan merupakan lokasi jalur pendakian menuju Gunung Leuser. Namun, tempat ini tidak hanya terkenal akan suhunya saja, karena Gayo Lues juga terkenal sebagai tempat Kopi Gayo diproduksi. Kopi yang sudah mendunia ini, dikenal dunia sebagai salah satu kopi ternikmat.

  1. Ruteng (Nusa Tenggara Timur)

Ruteng berada di ketinggian 1.200 mdpl, sehingga tak heran tempat ini juga menjadi salah satu lokasi yang paling dingin di Indonesia. Bahkan bukan suhunya saja yang dingin, karena Ruteng juga terkenal memiliki pemandangan luar biasa seperti yang bisa kamu temukan di Praha, karena terdapat beberapa bangunan bergaya Eropa di sekitarnya.

(Baca juga: Inilah 6 Surga Tersembunyi di Pulau Sumba, NTT)

  1. Lembang (Jawa Barat)

Terlalu jauh untuk pergi ke Gayo Lues atau Ruteng? Jangan khawatir, karena di pulau Jawa juga tersedia tempat dengan suhu yang dingin seperti salah satunya Lembang. Berlokasi 1.300 sampai 2.100 mdpl, Lembang menawarkan suhu yang dingin dan cocok bagi anda yang menginginkan tempat dingin.

  1. Batu (Jawa Timur)

Kota wisata Batu juga menjadi salah satu wilayah yang paling dingin di Indonesia. Meskipun Batu terkenal sebagai kota kecil, tetapi pesonanya pasti tidak akan bisa Anda tolak. Terletak di ketinggian antara 700 hingga 1.700 meter di atas permukaan laut, tak heran jika Kota Batu memiliki suhu udara yang cukup dingin namun tetap segar. Bahkan, suhu udara di kota ini rata-rata mencapai 12 hingga 19 derajat Celcius.

  1. Waghete (Papua)

Berada di kabupaten Denyai, Papua, Waghete terletak di ketinggian 2.200 mdpl, sehingga suhu udara di tempat ini bisa mencapai mencapai 10 derajat ketika malam hari. Namun karena sarana transportasinya sangat minim, maka Anda perlu sedikit berusaha keras jika ingin mengunjungi tempat ini.

(Baca juga: Bukan Swiss, Tempat Ini ada di Taman Nasional Lorentz, Papua)

About the author

Related Posts