Food

Sambut Asian Games 2018, Yuk Cicipi 5 Kuliner Khas Palembang

Dengan Adanya perlehatan Asian Games 2018 yang akan diselenggarakan di dua kota di Indonesia, yaitu Jakarta dan Palembang (Sumatera Selatan). Pemerintah pastinya mempersiapkan banyak hal dalam menunjang kebutuhan-kebutuhan para atlet-atlet internasional ataupun turis mancanegara yang ingin ikut berpartisipasi dalam Asian Games 2018. Perkiraannya ajang olahraga Asian Games 2018 yang diadakan setiap empat tahun sekali ini didominasi atlet-atlet dari Tiongkok, Jepang, dan Korea Selatan.

Untuk itu, Sumatera Selatan khususnya kota Palembang akan mempersiapkan & meningkatkan berbagai atraksi  pariwisata untuk menyambut peserta & turis selama Asian Games 2018 berlangsung. Salah satu hal yang menjadi fokus dari pemerintah Indonesia adalah meningkatkan pengenalan terhadap kuliner khas Palembang.

“Sumsel memiliki kuliner pempek yang sudah terkenal, Pulau Kemaro, Taman Bukit Siguntang, Museum Negeri Balaputera Dewa, Kampung Arab Al Munawar dan Kampung Kapitan,” kata Irene Camelyn Sinaga, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan.

Baca Juga : 7 TEMPAT WISATA PALING KEREN DI PALEMBANG

Berikut rekomendasi kuliner khas Palembang yang harus dicicipi saat menyambut Asian Games 2018.

1. Pempek

Bagi masyarakat Indonesia, mendengar nama pempek sudah menjadi hal yang sering didengar. Kudapan ini sudah menjadi ‘nama lain’ dari kota Palembang.

Berbahan dasar ikan dan tepung kanji, pempek tersedia di hampir semua daerah di Sumatera Selatan. Pempek juga tidak sulit ditemukan di kota Palembang, hampir setiap pusat kuliner pasti ada yang menjual makanan yang satu ini.

2. Tekwan

Tekwan biasanya dapat Anda temukan rumah makan yang menjual pempek. Berbentuk bulat dan disajikan dengan kuah udang, tekwan terbuat dari ikan dan tepung tapioka. Sebelum disajikan, tekwan dilengkapi dengan sohun, irisan bengkoang, jamur, daun bawangm seledri, dan bawang goreng.

3. Mie Celor

Mi celor merupakan hidangan mi berkuah santan dan kaldu ebi. Sementara isiannya berupa taoge, irisan telur rebus, seledri, daun bawang, dan bawang goreng.

4. Tempoyak

Berasal dari buah durian, tempoyak dibuat dengan proses fermentasi. Selain dijadikan bumbu masakan, tempoyak juga dimakan langsung bersama nasi hangat.

5. Lenggang 

Lenggang merupakan sejenis pempek yang terbuat dari telur, tepung tapioka, berbagai bumbu lainnya. Tepung tapioka dan bumbu diolah menjadi adonan pempek, sedangkan telur dikocok kemudian dimasukkan dalam daun pisang yang dibentuk mangkok. Adonan pempek kemudian dibentuk kecil-kecil dan dimasukkan dalam telur kocok.

Baca Juga : 4 PILIHAN HOTEL DI PALEMBANG UNTUK NONTON ASIAN GAMES 2018

About the author

Related Posts