News

Sambut Asian Games 2018, Gubernur DKI Pasang Karya Seni Bambu di HI

Berdirinya Getah Getih itu dapat membawa efek positif bagi para atlet yang berlaga di Asian Games 2018

Jika Anda kebetulan lewat di jalan sekitar Bundaran Hotel Indonesia hari ini, Rabu, 15 Agustus 2018, tentu sudah melihat penampakan yang tak biasa. Ya, tepatnya di tengah area tanah berumput yang dikelilingi jalan raya, berdiri karya seni bambu yang dibentuk sedemikian rupa.

Getah Getih, nama karya seni bambu itu. Bentuk bagian atasnya menyerupai badan ular tanpa kepala yang memanjang. Bagian dalamnya terdiri dari bambu yang disusun membujur, dibungkus dengan ‘kulit luar’ yang juga dari bambu, tapi bentuknya seperti dianyam melingkar.

Total bambu yang digunakan dalam instalasi itu 1500 dengan bagian tonggak, yang menjadi penopang bagian kepala, yaitu 73 buah.

Karya seni bambu ini merupakan representasi nilai kearifan lokal yang berdiri di tengah gegap gempita modernitas. Demikian seperti pantauan Toptier di akun Facebook Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Dalam akun itu juga Gubernur DKI menulis “Bambu sering dianggap tak bernilai, kami ingin tunjukkan di tanah yang paling mahal di Indonesia, Bundaran HI, di situ dipasang instalasi dengan material paling murah di Indonesia. Tetapi lewat kreativitas tangan Pak Joko, material yang tak bernilai itu jadi karya seni yang tak ternilai.”

“Inilah bambu Indonesia. Ditanam di pedesaan, dirawat dan dipanen oleh petani kecil, dijajakan oleh pedagang mikro. Kini membentang di area tanah-salah satu-paling mahal di Republik ini,” tulis Anies.

Anies menilai, bambu memiliki arti yang dalam dan mewakili karakter masyarakat Indonesia yang kokoh tapi lembut. Hal ini juga mewakili keragaman Indonesia.

“Bambu ini membentuk pesona seni yang menggerakkan. Membahanakan pesan dahsyat tentang bangsa kita. Pesan tentang kokoh tapi lentur, tegak tapi liat, kecil tapi raksasa, ribuan tapi menyatu, satuan tapi tak terserak. Itulah kita, bangsa Indonesia tercinta: 262 juta anak bangsa, 400-an suku bangsa, dan bercakap dalam 700-an bahasa. Sebuah bangsa yang dahsyat!” tegas.

Lebih lanjut Gubernur DKI mengatakan karya seni ini sengaja dipasang untuk ucapan selamat datang dan disiapkan hari ini karena nanti siang akan dilewati torch relay obor Asian Games, dan warga nanti bisa lihat.

 

About the author

Related Posts