Health, Tourism

Saat Traveling, 10 Jenis Obat Ini Wajib Dibawa!

Melakukan traveling atau menjelajah ke suatu tempat, memang kegiatan yang menyenangkan. Namun akan menjadi bencana apabila secara tiba-tiba kondisi Anda ngedrop kemudian sakit.

Untuk itu, membawa obat saat traveling sudah menjadi keharusan dan dapat menjadi penolong ketika Anda berwisata. Namun obat apa sajakah yang perlu Anda bawa saat traveling? Tidak mungkin bukan jika Anda harus membawa semua stok obat yang ada di lemari obat?

Berikut ini obat-obat darurat yang harus dibawa ketika Anda traveling seperti yang dilansir dari Traveldoctor.co.uk:

Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih adalah salah satu obat wajib yang harus dibawa. Obat ini memiliki banyak manfaat. Seperti meredakan perut kembung, mengobati rasa gatal akibat gigitan nyamuk atau serangga lainnya, mencegah mabuk saat perjalanan, sampai dengan memberikan kehangatan badan saat cuaca dingin. Aroma minyak kayu putih yang segar dan wangi tidak membuat Ezytravelers mual dan pusing, sebaliknya memberikan efek relaksasi.

Obat Maag

Maag atau radang dari lambung, merupakan penyakit yang juga umum dialami setiap orang. Walaupun biasa, bila saatnya penyakit ini kambuh tetap saja rasa sakitnya tidak tertahankan.

Rasa sakit yang ditimbulkan bisa membuat orang sampai berguling-guling bahkan tidak bisa melakukan aktivitas karena rasa sakit yang dideritanya begitu dashyat. Jelas, jika sampai terjadi saat liburan, hari Anda akan menjadi rusak. Jadi mulai sekarang, siapkanlah obat maag di tas Anda ketika ingin traveling.

Obat Demam

Perubahan kondisi cuaca di tempat tujuan tidak dapat diprediksi yang dapat mengakibatkan Anda tiba-tiba merasa meriang dan demam. Saat suhu badan meningkat drastis maka Anda perlu obat demam penurun panas untuk mengatasinya.

Obat Sakit Kepala

Sakit kepala bisa menyerang Anda kapan saja termasuk saat travelling. Hal ini bisa diakibatkan oleh kelelahan atau mabuk perjalanan yang memicu kepala menjadi pusing. Jika pusing sudah tidak tertahankan lagi maka Anda bisa mengkonsumsi obat sakit kepala dengan mengikuti petunjuk penggunaan.

Obat Diare

Saat berkuliner di tempat tujuan biasanya traveler akan mencoba beberapa makanan atau minuman yang bisa saja memiliki cita rasa yang sedikit berbeda dengan menu makanan sehari-hari sehingga jika perut tidak dalam kondisi fit bisa menyebabkan diare yang tentunya merepotkan karena harus BAB terus. Untuk itu persiapkan juga obat diare atau jika lupa air hangat dicampur garam dan gula juga bisa diminum sementara.

(Baca juga: Ini Lho Alasan Mengapa Dada Terasa Sakit Saat Sedang Menangis)

Obat Anti Alergi

Umumnya alergi disebabkan oleh makanan, debu dan serangga. Ketika terserang alergi akan mengakibatkan gatal yang cukup mengganggu di bagian tubuh tertentu. Untuk persiapan kemungkinan terserang alergi apalagi di tempat yang pertama kali Anda kunjungi, obat alergi wajib dibawa.

Obat Anti Mabuk

Tidak ada sarana transportasi yang benar-benar nyaman ketika harus travelling. Jika Anda adalah salah satu orang yang sulit beradaptasi dengan kendaraan atau tidak tahan berlama-lama dalam kendaraan umum yang menyebabkan mual serta muntah maka ada baiknya membawa obat anti mabuk kemana-mana.

 

Krim Gatal

Bila Anda travelling ke kawasan tropis terutama daerah pegunungan dan hutan kemungkinan besar Anda akan bertemu dengan beragam serangga, mulai dari nyamuk, laba-laba, tawon, hingga lalat pembawa larva. Jika ada serangga yang menggigit segeralah oleskan krim anti gatal. Krim ini berfungsi untuk mengobati iritasi yang terjadi pada kulit.

Iritasi Mata

Jangan biarkan iritasi mata merusak liburan Anda. Untuk itu siapkanlah tetes mata ketika Anda selama bepergian. Walaupun tidak dapat mengobati iritasi atau infeksi mata sepenuhnya, tetes mata dapat membantu Anda mengatasi mata merah karena iritasi ataupun kemasukan benda asing. Pasalnya, tetes mata yang Anda bawa tersebut dapat membantu mengeluarkan benda asing ataupun menetralkan mata merah karena benda asing tersebut. (Ars/Igw)

Vitamin & Madu

Agar tetap sehat Anda memang perlu multi vitamin terutama vitamin C, apalagi jika perjalanan wisata Anda dirasa cukup melelahkan. Saat ini, vitamin bisa dibeli dalam berbagai bentuk dan jenis seperti vitamin hisap, cair dan tablet. Silakan disiapkan sesuai dengan selera Anda. Selain vitamin, salah satu pendukung kesehatan lainnya adalah madu. Madu bisa membantu menjaga kesehatan tubuh, juga bisa sebagai penahan lapar. Rasanya yang manis juga membuatnya bisa dicampur dengan susu atau teh. Pilih madu yang asli dan terjamin kualitasnya ya gess!

About the author

Related Posts