cabang olahraga
News

Saat Ini Setiap Cabang Olahraga Diminta Ajukan Proposal Dana Kepada Kemenpora

Pembubaran Satlak Prima membuat para induk cabang olahraga khawatir soal persiapan mereka menuju Asian Games 2018. Salah satu hal adalah terkait waktu pencairan dana yang dikhawatirkan akan telat.

Setahun jelang Asian Games 2018 digulir, Satlak Prima malah resmi dibubarkan menyusul Perpres No 95/2017, 19 Oktober 2017. Alasan dari pembubaran Satlak Prima adalah berbelit-belitnya jalur birokrasi yang belakangan ini terjadi.

Awalnya, KONI yang dikabarkan akan mengambil alih tugas Satlak Prima. Namun, hal itu diklarifikasi Sesmenpora Gatot S Dewa Broto dalam pertemuan dengan para induk cabang olahraga pada Senin (6/11/) sore.

“KONI akan memonitoring dan pengawasan. Dalam konteks di perpres itu membantu menteri. Jadi, mereka tidak lantas mengambil alih Satlak Prima. Kewenangan Prima itu dikembalikan kepada Kemenpora/menteri,” ungkap Gatot sebagaimana dikutip liputan 6.

Jadi, setiap cabang olahraga diminta untuk mengajukan proposal kepada Deputi IV Kemenpora. Itu agar proposal atau pengajuan mereka segera bisa direalisasikan. Bisa dibilang, Kemenpora memaksimalkan Deputi IV Kemenpora sebagai jembatan untuk para cabang olahraga.

Sebelumnya, Gatot juga sempat menyebut akan membentuk petunjuk teknis terkait prosedur pengajuan. “Selama itu belum ada, untuk pengajuan menggunakan petunjuk-petunjuk yang sudah ada. Kami ingin menyampaikan bahwa pelatnas tetap jalan,” tegas Gatot.

Soal pengajuan, Gatot memberitahu kepada para cabor soal prosedur yang harus dilewati. “Proposal tidak akan masuk ke KONI lebih dulu, langsung ke Deputi IV dan cc ke Menpora. Tak ada badan baru yang menggantikan fungsi dari Satlak Prima.”

Baca Juga: Medali Asian Games Akan Dibuat Oleh Perajin Lokal

About the author

Related Posts