Tourism

Rumah Pohon Inyiak, Spot Instragram-able Baru di Ngarai Sianok

Ada yang baru di Bukittinggi, sebuah destinasi wisata unik yang memanfaatkan lahan tidur atau lahan tak terpakai. Rumah Pohon Inyiak, begitulah orang-orang menyebutnya.

Destinasi ini berada di Ngarai Sianok lebih tepatnya sekitar 100 meter sebelum jembatan Greatwall tembok Cina-nya Bukit Tinggi-Sumatera Barat.

Rumah beratap rumput yang ada di kawasan Ngarai Sianok, Bukittinggi, Sumatera Barat, kini menjadi destinasi wisata swafoto favorit baru bagi para traveler.

Pasalnya, objek wisata yang baru dibuka pada awal tahun ini sudah dibanjiri pengunjung. Bahkan, sudah banyak yang mengunggah foto hasil liburannya ke akun Instagram pribadi, dan mendapat banyak “Like” pada foto tersebut.

Awalnya Rumah Inyiak ini dibangun untuk memanfaatkan tanah ulayat milik persukuan yang lama tidak terpakai dan sudah ditumbuhi semak-semak.

Akhirnya dibuatlah sebuah destinasi wisata di tempat ini sekaligus untuk mendukung program Desa Wisata yang dicanangkan pemerintah.

Baca Juga : 10 Tempat Kemping Terbaik di Indonesia Buat Keluarga

Bangunan itu berada di kawasan Ngarai Sianok Bukittinggi-Sumbar, tepatnya di Kelurahan Kayu Kubu. Perkampungan wisata yang disebut dengan kawasan Rumah Pohon Inyiak tersebut, punya sederet kelebihan, salah satunya berupa penginapan bernuansa tradisional.

Meski ada bangunan yang beratapkan jerami, namun yang paling mencolok itu adalah yang beratapkan rumput. Bangunan itu bisa anda pakai, karena itu adalah tempat penginapan, bukan rumah pribadi.

Rumah beratap rumput berbentuk segitiga itu memiliki luas 7 kali 10 meter. Walau dari luar terlihat kecil, namun di dalamnya bertingkat dua, lengkap dengan fasilitas tempat tidur dan kamar mandi, layaknya sebuah kamar hotel.

Viewnya sangat memanjakan mata, karena berhadapan langsung dengan kecantikan dinding Ngarai Sianok yang berbaur dengan debur sungai Batang Sianok.

Baca Juga  : 3 Festival Wisata Sulawesi Selatan yang Masuk 100 Event Wonderful Indonesia

Di area Rumah Pohon Inyiak ini terdapat beberapa fasilitas bisa dinikmati wisatawan. Mulai dari Palanta Inyiak, Lapau Inyiak dan Camping Ground.

Palanta Inyiak merupakan tempat santai untuk wisatawan yang ingin menikmati keindahan Ngarai Sianok.

Di Lapau Inyiak wisatawan dapat menikmati berbagai jenis kuliner khas Sumatera Barat dengan cita rasanya yang unik.

Sedangkan camping ground bisa dimanfaatkan untuk berkemah maupun wedding yang bertema outdoor.

About the author

Related Posts