Tourism

Ragam destinasi wisata di Kepulauan Seribu

Ibukota Jakarta yang terkenal dengan kepadatan dan hiruk pikuknya, menjadikan masyarakatnya banyak memilih untuk keluar kota pada saat libur panjang ataupun singkat datang. Kebanyakan dari warga Jakarta memilih untuk berlibur ke tempat-tempat yang masih tinggi keasrian alamnya, diantaranya adalah seperti pulau-pulau di Kepulauan Seribu.

Banyak dari pulau-pulau di Kepulauan Seribu yang dijadikan tempat rekreasi bersama keluarga ataupun teman-teman. Berikut kami rangkum bagi Anda beberapa pulau yang menyuguhkan rekreasi alam yang masih asri di Kepulauan Seribu.

Pulau Tidung 

Dari beragam pulau di Kepulauan Seribu, Pulau Tidung dapat dikatakan sebagai idola dari para wisatawan karena pesona laut biru yang disuguhkannya. Pulau Tidung terbagi atas dua bagian yakni Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil dimana kedua bagian tersebut dihubungkan oleh sebuah jembatan panjang yang terkenal dengan nama “Jembatan cinta”.

Banyaknya atraksi dan keasrian alam yang disuguhkan di pulau ini seperti; berkeliling pulau menggunakan sepeda, snorkling, wahana air, dan juga jembatan cinta yang sekarang banyak digunakan wisatawan untuk terjun langsung kedalam air yang jernih menjadikan pulau ini semakin menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan. Kelebihan lainnya adalah masyarakat asli Pulau Tidung sangat mendukung fasilitas bagi para wisatawan melalui paket lengkap seperti homestay, makanan, hingga seafood barbeque di malam hari. Jarak tempuh Pulau Tidung ini sekitar 3 jam dari dermaga Muara Angke.

Baca juga: Bukan Swiss, Tempat Ini ada di Taman Nasional Lorentz, Papua

Pulau Bira

Pulau Bira merupakan salah satu pulau di Kepulauan Seribu yang masih belum banyak terjamah oleh wisatawan, jadi suasananya masih terjaga dan sangat asri. Untuk bisa sampai ke pulau ini terlebih dulu para wisatawan harus transit di pulau Pramuka setelah menempuh perjalanan sekitar 3 jam dari dermaga Muara Angke. Untuk sampai ke pulau ini memang agak sulit, namun menurut para wisatawan yang sudah pernah mengunjungi pulau ini semua pemandangan yang disuguhkan sangatlah sebanding.

Di Pulau Bira para wisatawan dapat melihat keindahan bawah laut dengan diving maupun snorkeling. Selain menikmati keindahan panorama bawah laut, para wisatawan juga dapat duduk-duduk manis di dermaga sambil menikmati sunset di pulau ini. Di Pulau Bira terdapat beberapa rumah kayu bergaya vintage yang dapat digunakan oleh para wisatawan untuk bermalam.

Pulau Harapan

Menurut para wisatawan, Pulau Harapan di Kepulauan Seribu benar-benar pulau yang dapat memberikan hasil yang sesuai dengan harapan mereka. Terdapat sebuah jembatan kayu yang dapat digunakan untuk duduk santai sambil menggelantungkan kaki, pemandangan laut biru yang menyejukkan mata, dan juga keindahan panorama bawah laut yang indah. Pulau Harapan dikenal dengan keindahan terumbu karang yang mengajak para wisatawan untuk berlama-lama di dalam air. Di sekitar pulau Harapan juga terdapat penangkaran salah satu jenis elang langka yakni Elang Bondol.

Baca juga: 7 Tempat Wisata Paling Keren di Palembang

Pulau Ayer

Pulau Ayer di Kepulauan Seribu banyak dikenal sebagai Mutiara Kepulauan Seribu. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan oleh adanya keindahan pulau yang masih asri dan biru, serta keberadaan cottage yang berada di atas laut dengan gaya etnik Papua yang sangat tradisonal menjadikan para wisatawan benar-benar merasakan indahnya hamparan laut dibawah kaki mereka.

Pulau Ayer mulai dikunjungi sejak tahun 1950. Proklamator kita, Bung Karno sering menjadikan pulau ini sebagai tempat beristirahat. Di pulau ini juga dapat ditemui binatang biawak yang hidup secara bebas. Letak pulau ini hanya berjarak sekitar 14 km dari Marina Ancol.

Pulau Kotok

Pulau Kotok adalah salah satu tepat menyelam yang sangat menarik di kawasan Kepulauan Seribu. Terumbu karang serta birunya laut di pulau ini masih sangat asri. Keunggulan dari Pulau Kotok ini adalah panorama bawah laut yang benar-benar dapat memanjakan mata para penyelam. Pulau Kotok senantiasa terjaga keasriannya karna di pulau ini tidak disediakan wahana-wahana air yang biasa didapati di pulau-pulau lainnya seperti banana boat, jetski dan semacamnya. Di pulau ini terdapat cottage yang berada di atas sebuah pohon. Dari sini para wisatawan dapat menyaksikan kemegahan pemandangan laut Kepulau Seribu yang membuat siapapun pasti tak ingin pulang.

Pulau Pantara

Pulau Pantara merupakan pulau yang berada paling jauh di kawasan Kepulauan Seribu. Namun, fasilitas yang ada disana sangat lengkap. Pulau ini menawarkan resort-resort yang bisa dibooking oleh pengunjung karena di pulau ini tidak tersedia paket wisata one day trip. Pengunjung yang ingin berlibur kesini diwajibkan untuk menginap.

Walau lokasinya paling jauh, fasilitas yang ada di pulau ini dapat dikatakan paling lengkap. Beberapa fasilitas tersebut antara lain cottage, restaurant, bar, kolam renang, ruang meeting, watersport, lapangan tenis dan dive shop.

About the author

Related Posts