Education

9 Tips Percantik Rumah dengan Pohon Pisang

Percantik Rumah dengan Pohon Pisang – memang memiliki banyak manfaat, mulai dari batang hingga buahnya. Biasanya pohon pisang hanya dapat dilihat dan ditemukan di kebun maupun di pinggir jalan. Namun tahukah Anda bahwa ternyata pohon pisang bisa diaplikasikan sebagai penghias halaman rumah. Tak dapat dipungkiri ternyata pohon pisang tidak kalah dengan tanaman hias lainnya.

Mau tahu bagaimana caranya pohon pisang bisa menjadi penghias halaman rumah? Berikut tipsnya:

  1. Ukuran pot

Saat membeli pohon pisang, perhatikan ukuran potnya seperti tinggi tanaman dan jumlah tanaman per pot. Daunnya agak rapuh sehingga mungkin harus dilapisi untuk mencegah kerusakan.

  1. Hama dan penyakitnya

Anda mungkin akan menemukan kutu daun dan serangga dengan skala yang paling umum. Sementara itu, embun madu yang lengket dan transparan adalah tanda bahwa ada serangga yang hidup di dalam tanaman. Jika kondisi terlalu kering, tanaman ini bisa saja memiliki tungau laba-laba merah.

  1. Suhu hangat

Pohon pisang tumbuh baik di kondisi hangat. Tanaman ini tidak dapat bertahan dengan baik pada suhu di bawah 12-14 derajat Celcius. Beri banyak waktu pada siang hari tapi hindari duduk di bawah sinar matahari langsung.

  1. Air yang banyak

Karena memiliki luas daun yang besar, tanaman menguapkan cukup banyak kelembaban. Oleh karena itu Anda membutuhkan air ekstra.

  1. Menyiram tanaman

Berhati-hatilah saat menyiram agar tanah tidak terlalu basah. Ini bisa menyebabkan akar membusuk, yang pada akhirnya mengganggu pertumbuhan tanaman.

  1. Jangkauan Terbatas

Pohon pisang memiliki jangkauan yang terbatas namun Musa “Dwarf Cavendish” dan Musa “Tropicana” adalah varietas yang paling umum. Ukuran pohon pisang yang kerdil membuatnya cocok untuk ruang keluarga.

  1. Rutin memberi pupuk

Beri sedikit pupuk dua minggu sekali untuk menjaga agar pohon pisang tetap kuat dan cantik.

  1. Mencabut batang

Jika berkembang dan menjadi terlalu besar, lepaskan beberapa batang bawah sehingga pohon ini menghasilkan tunas segar.

  1. Pohon pisang jarang berbuah

Cavendish adalah spesies yang paling penting untuk menghasilkan pisang yang dapat dimakan. Namun perlu diingat, seringkali dibutuhkan lebih dari tiga tahun agar bunga pertama muncul di tanaman yang dibutuhkan untuk berbuah. Agar pohon pisang bisa tumbuh, perbanyak cahaya dan suhu tinggi, seperti konservatori. Tanaman kemudian bisa berbunga dan menghasilkan buah setelah tiga sampai empat tahun.

 

About the author

Related Posts