persiapan kuliah
Education

3 Persiapan yang Wajib Sebelum Kuliah

Kebutuhan akan pendidikan di zaman modern ini tentu semakin meningkat. Lihat saja, saat ini banyak pelajar lulusan SMA yang meneruskan pendidikan ke jenjang kuliah daripada bekerja. Nah sebelum meneruskan kuliah, sebaiknya harus mempersiapkan 3 hal ini.

Sudah jadi rahasia umum, seseorang yang berstatus sebagai mahasiswa memiliki kedudukan yang cukup tinggi di masyarakat. Hal ini menjadi salah satu pertimbangan para orang tua membiayai kuliah anak mereka. Tapi, dunia perkuliahan nyatanya tidak seindah yang ada dalam bayangan.

Ada berbagai hal yang perlu dipersiapkan sebelum memasuki dunia perkuliahan. Jangan sampai Anda hanya sekadar duduk dan mendengarkan ceramah dosen di kelas dan keluar tanpa mendapat ilmu apapun. Lantas, apa sajakah yang harus dipersiapkan sebelum kuliah? Simak ulasan berikut ini:

Persiapkan mental

Mental menjadi hal penting yang harus dipersiapkan seseorang sebelum memutuskan melanjutkan kuliah. Sebab, pembelajaran di kampus tentu sangat berbeda dengan di sekolah. Di kampus, Anda dianggap sebagai orang dewasa yang sudah bisa menentukan tujuan hidup secara mandiri. Hal itulah yang membuat beberapa mahasiswa akhirnya terlambat lulus. Anda tentu tidak mau terlambat lulus dan membuang banyak biaya untuk kuliah bukan?

Baca Juga : Tips Jitu Solo Travelling di Yogkarta

Pilih kampus dan jurusan yang tepat

Setelah mempersiapkan mental, saatnya menentukan kampus dan jurusan yang tepat. Jangan sampai Anda kuliah hanya secara terpaksa gara-gara tak diterima di jurusan yang diinginkan. Sebab, ilmu yang dipelajari di kampus ini tentu sangat penting bagi karier Anda di masa depan.

Persiapkan biaya

Terakhir adalah mempersiapkan biaya. Anda harus menghitung biaya yang dikeluarkan untuk mendaftar di kampus impian. Bukan rahasia umum lagi jika biaya masuk kampus dan lainnya tiap tahun selalu meningkat. Tak jarang Anda harus mengeluarkan biaya sampai puluhan juta demi menjadi mahasiswa di kampus favorit.

Baca Juga : Olahraga Ini Bikin Fit di Musim Hujan

Jadi, apa saja yang telah kamu persiapkan sebelum langkah besar ini? Jangan sampai kamu menyesal ya!

About the author

Related Posts