Sports

Persiapan Jelang Asian Games, Renovasi GBK Hampir Selesai

Dengan adanya Asian Games 2018 yang menjadikan Indonesia sebagai rumah, hal ini menjadikan pemerintah berpacu dengan waktu soal kesiapan mereka pada Asian Games 2018 pada Agustus-September 2018. Renovasi Stadion Gelora Bung Karno (GBK) pun terus dilakukan hingga saat ini agar dapat selesai tepat waktu untuk Persiapan Jelang Asian Games.

Seperti diketahui, GBK sudah ditunjuk sebagai venue utama dari perhelatan Asian Games 2018. Selain sepak bola, ada banyak cabang yang bakal digulir di GBK. Opening dan closing ceremony pun dilakukan di tempat tersebut.

( Baca Juga : https://toptier.id/jelang-asian-games-2018-tol-trans-sumatra-dikebut/ )

Menurut project manajer renovasi SUGBK, Wikrama Wardana “Kapasitas stadion menjadi 70 ribu lebih, berkurang dari kapasitas sebelumnya. Yang dulu pakai bangku panjang, kini berganti dengan single seat. Urusan ticketing nanti menjadi lebih bagus. Bangku-bangku didesain Jerman, pabriknya dari China,”

Usai renovasi, SUGBK akan berubah konsep menjadi smart stadium dengan beberapa fasilitas kelas satu. Lampunya akan lebih terang dibandingkan sebelumnya, juga ada kamera pengawas yang akan memantau pergerakan dari semua orang yang beraktivitas di sana. Soal ticketing, ada juga perbaikan.

“Dari segi fasilitas, akan menjadi smart stadium. Untuk penerangan lux-nya sampai 2.500. Untuk CCTV juga dipasang yang terbaik dengan merk Avigilon. Kelebihan merek ini adalah jika ada kejadian kalau disorot itu sampai ke wajah. Sound system menggunakan TOA. Sementara papan skornya menggunakan Seiko, yang jelas lebih baik dibandingkan dengan ,” jelas Wikrama.

“Untuk lintasan atletik sedang dalam proses pengaspalan. Setelah itu akan dipasang rekortan, yang seperti rumput sintetis. Rekortan ini akan dipasang langsung teknisi dari Belanda,” tambahnya.

Adapun tujuan dari semua teknologi itu adalah untuk memudahkan penonton saat menyaksikan acara atau pertandingan olahraga di SUGBK.

Pada hari Selasa, 8 Agustus 2017 Menpora Imam Nahrawi menyempatkan diri untuk melihat progres dari renovasi GBK. Ia datang sekitar pukul 16:15 dan ditemani Taufik Hidayat selaku Staf Khusus Olahraga Kemenpora. Menurut Menpora, progres yang diperlihatkan dari renovasi GBK sudah melebihi harapan.

“Saya melihat perkembangan yang sangat luar biasa. Saya melihat rumput, proses penyiraman, mencoba mistar gawang, hingga kursi-kursi yang akan diduduki tamu-tamu dari Asia. Lebih mengagumkan adalah warna kursinya Merah Putih,” kata Menpora.

Persiapan Menuju Asian Games, Renovasi GBK Hampir Selesai

“Ini adalah kabar baik. Tolong dikabarkan kepada seluruh masyarakat bahwa Indonesia sudah siap jadi tuan rumah Asian Games 2018 Progres sudah melampaui target, 82%, harusnya hanya 78%. Alhamdulillah,” ia menambahkan.

( Baca Juga : https://toptier.id/snsd-meriahkan-acara-hitung-mundur-asian-games-2018/ )

About the author

Related Posts