Sports

Olahraga Ini Bikin Fit di Musim Hujan

Kota Jakarta sudah memasuki musim penghujan. Hujan yang turun dan udara yang dingin menjadi penghambat orang-orang untuk melakukan suatu kegiatan, seperti kegiatan berolahraga. Padahal berolahraga itu perlu untuk menjaga badan kita agar tetap fit. Kita tak perlu cemas karena beberapa olahraga masih bisa dilakukan saat hujan. Simak daftarnya dari Toptier.id.

1. Burpees
Ini adalah salah satu bentuk latihan yang akan menempa semua bagian tubuh (total body exercise). Pertama, turunkan badan Anda hingga posisi squat dan letakkan tangan di depan Anda. Selanjutnya tendang kaki ke belakang lalu atur posisi hingga menyerupai posisi push-up. Turunkan badan Anda perlahan untuk melakukan push-up. Kembalikan posisi kaki seperti semula, dikenal juga dengan nama frog jump. Terakhir, lompat sekuat tenaga dan kembali ke posisi squat seperti semula.

2. Dips
Gerakan ini berfokus pada kekuatan trisep Anda. Yang Anda butuhkan untuk melakukan ini adalah kursi yang cukup kuat. Pertama, duduk di ujung kursi dengan menggenggam ujung samping kursinya. Angkat badan Anda dan perlahan jalan ke depan beberapa langkah dengan posisi tangan masih memegang samping kursi. Selanjutnya turunkan badan Anda dengan menjaga otot core Anda tetap lurus dan kuat hingga siku Anda menekuk 90-derajat. Kemudian luruskan lengan Anda untuk mengangkat badan Anda. Ulangi sebanyak 10 kali setiap set, dan lakukan set sebanyak yang Anda bisa.

Baca Juga : 7 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Nonton Thor: Ragnarok

3. Skipping
Jika Anda menginginkan latihan kardio, skipping adalah pilihan terbaik. Bukan cuma melatih pernapasan, Anda juga bisa mengolah fleksibilitas dan koordinasi anggota tubuh. Olahraga high-impact ini juga bagus untuk kesehatan tulang dan membentuk pinggul, paha, dan paha bagian samping. Caranya, pegang kedua pegangan tali di masing-masing tangan dan lakukan gerakan memutar ke depan tubuh Anda. Ketika menyentuh lantai, lakukan lompatan sekitar satu inci dari tanah.

4. The Plank
Letakkan tubuh pada posisi push-up, namun bukan telapak tangan Anda yang menahan beban tubuh tapi gunakan lengan hingga siku. Tahan posisi ini selama 30 detik. Latihan ini sangat menantang namun sangat bermanfaat untuk core area seperti perut dan punggung.

5.Yoga
Olahraga ini bukan hanya menenangkan tubuh, otak, dan pikiran, tapi juga baik untuk memperbaiki postur tubuh dan melatih fleksibilitas. But the best part about practicing yoga is, it is one form of exercise that can be done regularly at home — you need not worry about going anywhere.

6. Pilates
Sama seperti yoga, pilates juga bisa dilakukan di rumah. Gerakan pilates melatih fleksibilitas tubuh Anda, memperlancar peredaran darah, dan pernapasan. Coba salah satu gerakan yang mudah dilakukan berikut: berbaringlah di atas matras lalu lipat lutut ke arah dada. Angkat kepala dan dekatkan juga ke arah dada. Raih telapak kaki dengan kedua tangan Anda dan bertahanlah pada posisi ini selama 30 detik.

Baca Juga: 5 Jam Tangan Keren Dibawah Rp 5 Juta

About the author

Related Posts