lomba makan kerupuk
Entertainment

Meriahkan HUT RI, KBRI Adakan Lomba Makan Kerupuk di Paris

Jika biasanya lomba makan kerupuk hanya dilaksanakan di Indonesia, ternyata lomba ini juga dilaksanakan di Paris, tepatnya di Wisma Duta Besar, sebagai bagian dari Peringatan HUT ke-72 Proklamasi Kemerdekaan RI tahun ini.

Sebelum melakukan lomba, acara  peringatan HUT ke-72 Proklamasi Kemerdekaan RI tersebut diawali dengan upacara bendera yang berlangsung di halaman Wisma Duta KBRI Paris.

Upacara tersebut dipimpin oleh Dubes Hotmangaradja Pandjaitan dan dihadiri sekitar 300 orang dari masyarakat Indonesia, diaspora, para pelajar, ITPC Lyon, staf KBRI Paris, KWRI Unesco, dan ITPC Lyon.

Meski sempat diguyur gerimis, tetapi para peserta upacara tetap semangat. Puncak peringatan upacara detik-detik Proklamasi adalah pengibaran bendera Merah Putih oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) yang terdiri dari 10 pelajar Indonesia di Perancis, di bawah komandan Eka M. Ilham.

(Baca juga: 10 Lapangan Basket Paling Unik di Dunia)

Seusai upacara, acara pun dilanjutkan dengan kegiatan ramah tamah, hiburan bersama masyarakat, dan perlombaan dengan berbagai hadiah menarik yang telah disiapkan oleh panitia KBRI.

Salah satu lomba yang menarik perhatian warga adalah pakaian kebaya nasional terbaik. Sedangkan untuk anak-anak Indonesia atau keturunan, dimana salah satu orang tuanya adalah orang Indonesia, diadakan lomba makan kerupuk dan lari kelereng.

“Lomba ini bertujuan agar anak-anak ini semakin dekat dengan Indonesia melalui permainan khas 17-an,”ujar Atase Perdagangan KBRI yang juga Ketua Panitia HUT RI, Moga Simatupang.

Acara tersebut kemudian diakhiri dengan melakukan Tari Poco-Poco dan Goyang Maumere bersama-sama. Upacara di Wisma Duta Besar ini, mengakhiri rangkaian acara peringatan HUT RI di Paris. Sebelumnya pada 22-23 Juli 2017 telah digelar berbagai lomba olahraga, seperti bulutangkis, tenis meja, dan catur.

About the author

Related Posts