gunung bromo
Tourism

Menikmati Sunrise Dan Lautan Pasir Di Gunung Bromo

Jika anda berjalan-jalan ke Jawa Timur, maka salah satu obyek wisata yang wajib anda kunjungi adalah Gunung Bromo yang berada di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru di timur kota Malang. Gunung ini sendiri berada di ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut, dan di apit oleh empat kabupaten bagian dari pemerintahan Pripinsi Jawa Timur yakni Kabupaten Malang, Probolinggo, Pasuruan, dan Lumajang. Dari puncak gunung Penanjakan bisa menikmati matahari terbit (sunrise) dan hamparan lautan pasir luas.

Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger keindahannya tidak perlu diragukan lagi. Demi keindahan ini, para pemburu keindahan Sunrise pun rela berjalan menembus dinginnya udara di kawasan Gunung Bromo.

Namun jangan khawatir, untuk menghangatkan tubuh, di tempat tersebut tersedia beberapa penjual yang menyediakan air mineral hingga kopi. Tak hanya itu, ada pula fasilitas mesjid yang bersih dan nyaman, saking nyamannya digunakan untuk tidur-tiduran.

Setelah menikmati Sunrise, bisa melanjutkan perjalanan ke kaki gunung bromo. Perjalanan sekitar 1 jam dari puncak Penanjakan dengan mengendarai Jeep yang biasanya di sewakan satu paket antara puncak penanjakan dan kawah Bromo. Dengan melewati lautan pasir yang membentang sangat luas tentu saja perjalan ke kaki gunung Bromo sangat menyenangkan.

Ternyata disana merupakan lautan pasir yang luasnya mencapai 10 km², daerah yang gersang yang dipenuhi pasir dan hanya ditumbuhi sedikit rumput-rumputan yang mengering. Tiupan angin, membuat pasir berterbangan dan dapat menyulitkan kita untuk bernafas. Lautan pasir yang luas itu lebih terkenal dengan sebutan pasir berbisik karena suara desiran angin dan pasir dan juga karena tempat itu merupakan tempat pengambilan gambar film Pasir Berbisik.

Baca juga: Nikmatnya Kuliner Di Gunung Bromo

Di kaki gunung Bromo sendiri terdapat sebuah kawah yang bisa dicapai dengan menaik 250 anak tangga. Sebuah pemandangan indah di Gunung Bromo yang sangat saying jika anda belum sempat menikmatinya.

About the author

Related Posts