Karimunjawa
Tourism

Mengintip Pesona Wisata Karimunjawa

Keindahan pesona Karimunjawa memang sudah bukan rahasia lagi. Kepulauan yang terletak di laut Jawa, tepatnya di kabupaten Jepara, Jawa Tengah ini memiliki kekayaan alam yang sangat menakjubkan, mulai dari terumbu karangnya, fauna, flora, pasir putih, serta hamparan laut yang jernih berwarna kehijauan.

Karimun Jawa sendiri merupakan gugusan kepulauan yang terdiri dari 27 pulau dengan daratan seluas +- 1.500 hektar dan perairan seluas -= 110.000 hektar. Masyarakat menyebut karimunjawa dengan julukan “perawan Jawa” karena perairannya begitu jernih hingga tampak dasar lautnya. Wisata yang memiliki kekayaan bahari ini tidak hanya digemari oleh wisatawan domestik, tetapi juga sering dikunjungi oleh wisatawan mancanegara.

Lalu apa sih yang menarik di karimun Jawa? berikut ulasannya.

Kekayaan Bahari yang memukau
Kepulauan karimunjawa dikenal dengan pemandangan alam dan bawah lautnya yang sangat memukau. Ditempat ini kamu akan disuguhkan penampakan pantai yang begitu indah dengan air yang bening kehijauan dengan dihiasi pasir putih yang bersij, selain itu karimunjawa juga mempunyai kekayaan alam bahari yang terdiri dari ekosistem flora dan fauna, hutan mangrove, hutan pantai serta hutan bakau.

Spot diving yang indah
Salah satu kegiatan yang banyak diburu wisatawan saat mengunjungi karimunjawa adalah mencoba untuk snorkeling dan diving, karena ada banyak hal yang menarik yang bisa dinikmati saat menyelam ke bawah laut, seperti melihat bangkai kapal milik Belanda dan aneka terumbu karang yang indah.

Wisata Kuliner
Selain menikmati alam yang mempesona di karimunjawa, kamu juga bisa mencoba berbagai macam kuliner seafood yang menggiurkan. mulai dari olahan udang, ikan, cumi dan mash banyak lagi.

beberapa kuliner yang banyak digemari wisatawan seperti siomay tongkol, tongseng cumi, pindang serani, lontong krubyuk, serta bakso ikan ekor kuning.

Aneka Macam Souvenir nan Menarik
Karimunjawa juga dikenal sebagai pusat souvenir yang unik dan lucu. ada kerajinan tangan berupa tongkat, tasbih dan keris yang dibuat dari kayu-kayu langka (kayu kalimasada, kayu dewadru dan kayu segitigi). Jika ingin membeli souvenir tersebut, kamu bisa berkunjung ke pusat kerajinan Labiki yang berada di jalan Kapuran dan AL Badi di desa Legon Cikmas.

Kegiatan lain yang dapat dilakukan di wisata karimunjawa adalah menikmati indahnya sunset dan sunrise dari tepian lut. Pengunjung juga bisa melakukan aktivitas seperti berenang atau memancing.

Untuk masalah penginapan, kamu tidak perlu khawatir sebab disana banyak penduduk yang menyewakan rumahnya sebagai penginapan bagi para traveller. Alternatif lain, kamu juga bisa menginap di wisma atau di hotel. hmm serukan travel di karimunjawa.

RECOMMENDED ARTICLE

About the author

Related Posts