Tourism

Memotret Bekantan di Sungai Hitam Semboja

Pasti semua masih asing dengan tempat wisata yang satu ini yaitu susur sungai hitam yang terletak di kecamatan samboja kabupaten kutai kartanegara kalimantan timur, padahal susur sungai hitam ini lumayan terkenal di kalangan mancanegara.

Sungai Hitam merupakan salah satu kawasan lahan basah yang ada di Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur. Keunikan dari Sungai Hitam adalah terdapatnya spesies kalimantan yang langka dan dilindungi yaitu Bekantan (Nasalis larvatus).

Belum 100 meter perahu menyusuri Sungai Hitam di Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, terlihat sekawanan bekantan. Dari rerimbunan bakau dan nipah, kawanan satwa itu mengawasi rombongan wisatawan. Jepretan kamera pengunjung seolah tak mengganggu mereka.

Untuk dapat melihat Bekantan dari dekat, pengunjung dapat menyewa perahu dayung untuk mengitari tepi sungai dan pulau kecil yang menjadi tempat tinggal Bekantan. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah pagi hari, ketika para Bekantan sedang asik mencari makan. Bekantan telah menjadikan Sungai Hitam sebagai habitat untuk mencari makan, tinggal dan bermain.

Selain bekantan, di Sungai Hitam bisa dilihat juga biawak dan aneka burung. Biawak di sini pun unik, karena juga suka berada di atas pohon.

Perjalanan dilanjutkan. Pemandangan selanjutnya adalah kampung nelayan.

Kampung Padang, namanya. Jika beruntung, wisatawan dapat menjumpai nelayan yang baru saja pulang. Tangkapan mereka seperti udang galah dan aneka ikan segar.

Selepas kampung itu, tak seberapa lama, terhampar Selat Makasar, yang menjadi ujung Sungai Hitam. Puluhan perahu pinisi dengan tiang-tiang yang panjang melengkung bersandar rapi di tepian sungai, menunggu giliran melaut.

Perjalanan menyusur sungai selesai dan rombongan berbalik arah untuk pulang. Cukup 1,5 jam menyusur sungai sepanjang 2,5 kilometer itu. Tidak  terlalu melelahkan. Menuju Sungai Hitam pun tidak terlalu jauh, hanya berjarak 50-an kilometer dari pusat Kota Balikpapan.

Dari Kota Balikpapan jarak menuju Objek Wisata Sungai Hitam adalah sekitar 58 Kmatau sekitar 1 Jam perjalanan. Cara menuju Sungai Hitam bisa ditempuh dengan dua moda transportasi yaitu: Bus, dari Terminal Balikpapan Permai dengan tarif bus Rp.30.000,-/orang sampai di Handil dan turun di Kuala samboja.

Car Rent/ Taxi, dari Bandara Sepinggan dapat menggunakan mobil rental dengan tarif Rp. 350.000,-/mobil langsung tiba di Kawasan Sungai Hitam Samboja. Jarak dari Kota Tenggarong sekitar 99 Km ditempuh dengan waktuselama ± 90 menit dengan transportasi darat. Mobil angkutan dan bus, dari Terminal Timbau Tenggarong dengan tarif Rp. 20.000,-/orang.

Baca Juga : Hobi Travelling Sekaligus Inging Dapat Uang? Yuk Mulai Bisnis Open Trip

Kemudian tiba di Simpangan Loa Janan-Samarinda, kemudian naik bus yang menuju arah Balikpapan dengan tarif Rp. 20.000,- dan berhenti di Km. 38 Jalan Raya Soekarno Hatta dan kemudian melanjutkan dengan naik “ojek” yang akan mengantar langsung ke Sungai Hitam, tarif Rp. 30.000,- s/d Rp. 50.000,- /orang.

Car Rent/ Taxi, dari Tenggarong dapat menggunakan mobil rental dengan tarif Rp. 400.000,-/mobil langsung tiba di Kawasan Sungai Hitam. Untuk dapat menyusuri sungai, pengunjung dapat menyewa perahu dayung dengan membayar sebesar Rp. 100.000,- s/d Rp. 200.000,-

About the author

Related Posts