kereta
Tourism

Membandingkan Tarif ke Bandara Soetta dengan Kereta, Taksi dan Bus

Hari Ini, Presiden Jokowi telah meresmikan Kereta Api Soedirman-Soetta. Sebelum diresmikan oleh Presiden Jokowi, Kereta Api Bandara ini memang telah beroperasi dan mencapai 4.000 orang pada hari pertamanya.

Kereta Api Bandara ini beroperaso dengan jadwal yang dimulai pada pukul 03.20-22-51 WIB setiap harinya dengan total 42 perjalanan (pulang-pergi) dan Durasi perjalanan yang ditempuh sekitar 55 menit.

Untuk harga tiket sebelum diresmikan yaitu Rp. 30.000. Namun setelah diresmikan oleh Presiden Jokowi hari ini, Selasa (2/1) tiket telah berubah menjadi Rp 70.000. Menurut kamu itu mahal apa tidak sih ?

Untuk mengetahui mahal atau murahnya tiket kereta api Bandara Soedirman-Soetta, toptier.id akan membandingkan dengan transportasi lain, seperti bus Damri dan Taksi Online.

Naik Bus

Berdasarkan biaya, bus Damri merupakan moda transportasi termurah menuju Bandara Soekarno-Hatta. Berangkat dari Stasiun Sudirman, penumpang menuju ke Stasiun Gambir terlebih dahulu menggunakan Bus Transjakarta. Total biaya yang dikeluarkan sebesar Rp43.500, yaitu Rp40.000 tiket bus Damri dan Rp3.500 untuk Transjakarta.

Baca Juga: Segera Beroperasi, Begini Cara Beli Tiket Kereta Bandara
Baca Juga: Bangga! Ternyata Indonesia Punya Bandara Ramah Lingkungan Penuh Kearifan Lokal

Untuk waktu tempuh, sama seperti taksi, laju bus sangat ditentukan oleh kepadatan lalu lintas. Jika kondisi jalan padat maka perjalanan akan terhambat, bisa 45 menit, 1 jam, bahkan lebih.

Naik Taksi

Untuk taksi, baik konvensional maupun online, GoCar menjadi yang paling mahal. Dengan jarak sekitar 30,4 km dari Stasiun Sudirman menuju bandara, tarif GoCar sebesar Rp184 ribu. Untuk Blue Bird, Grab Car maupun UberX sebesar Rp134 ribu hingga Rp154 ribu. Tarif ini belum termasuk biaya tol yang harus dikeluarkan penumpang.

Waktu tempuhnya berkisar 45 menit – 1,5 jam, bergantung pada kondisi lalu lintas.

Kesimpulan kami, jika bepergian seorang diri, dilihat dari waktu dan tarif, KA Bandara jadi pilihan yang tepat. Tapi, bila perjalanan dilakukan dalam kelompok 3-4 orang dan lebih menuntut fleksibilitas, lebih baik pilih taksi atau transportasi online. Bus nampaknya jadi opsi terakhir melihat ulasan di atas.

Gimana menurut kalian murahan yang mana? Tapi apapun kendaraannya yang penting jaga keselamatan dan kenyamanan kalian juga.

About the author

Related Posts