Health

Mau Sehat? Coba Sesekali Naik Turun Tangga

Ternyata naik-turun tangga banyak menyimpan manfaat luar biasa. Sesekali naik turun tangga lebih menyehatkandaripada naik lift!

Jika diberi pilihan antara naik tangga atau lift, mayoritas orang akan memilih opsi kedua. Padahal naik-turun tangga memiliki banyak manfaat yang tidak Anda duga sebelumnya. Tangga juga menjadi pilihan ideal bagi mereka yang susah menemukan waktu untuk berolah raga.

Yuk, lihat apa saja keuntungan tangga yang bisa membuat Anda stop naik lift.

1. Bakar Kalori Lebih dari Joging

Ya, fakta ini nyata karena sudah dibuktikan secara sains oleh berbagai studi kesehatan. Naik-turun tangga merupakan kegiatan fisik yang intens sehingga membakar kalori lebih banyak per menitnya dibanding dengan joging. Naik-turun tangga menghabiskan energi sebanyak delapan hingga sembilan kali lebih banyak dibanding duduk dan tujuh kali lebih membakar energi dibanding naik lift.

2. Mengurangi Stroke

Menurut penelitian dari Harvard Alumni Health Study yang melibatkan sebelas ribu pria, naik-turun tangga ternyata bisa mengurangi risiko stroke. Pria yang melakukan aktivitas ini sebanyak tiga hingga lima kali akan mengalami penurunan risiko stroke sebanyak 29 persen.

Baca Juga : Ternyata Fungsi Lubang Hidung Kiri dan Kanan berbeda, Penasaran?

3. Meningkatkan Olahraga Jantung

Jantung Anda akan mengalami olah raga lebih baik ketika naik-turun tangga yang akhirnya berdampak pada kesehatan jangka panjang. Studi selama beberapa dekade membuktikan bahwa peningkatan olah raga jantung bisa mencegah penyakit jantung.

4. Menguatkan Otot

Saat naik-turun tangga, semua otot di paha, perut, lengan, dan punggung akan bergerak. Semua itu akan mendorong terjadinya penguatan otot dan sistemnya. Ini berdampak juga pada meningkatnya metabolisme karena membuat kalori di tubuh Anda terbakar dan berujung pada menurunnya berat badan.

5. Melawan Gaya Hidup Tak Sehat

Kecanggihan teknologi saat ini membuat manusia jarang bergerak. Sebab, semua aktivitas bisa dilakukan secara online tanpa membutuhkan tenaga. Meski efektif, gaya hidup ini menyebabkan beberapa masalah kesehatan. Naik-turun tangga bisa menjadi solusi mudah dan ideal mengingat tangga ada di mana-mana. Aktivitas harian Anda tidak akan terganggu, kesehatan pun tetap terjaga.

About the author

Related Posts