manfaat kurma
Health

5 Manfaat Kurma Di Waktu Berbuka Puasa

Kurma merupakan buah yang berasal dari Timur Tengah dan termasuk ke dalam tanaman palma. Pohon kurma memiliki tinggi sekitar 15-25 m dengan buah yang dihasilkan biasanya memiliki panjang 3-7 cm dan berdiameter 2-3 cm dengan biji tunggal. Buah kurma dibagi menjadi 3 golongan utama yaitu golongan lunak, semi kering, dan kering. Buah yang dahulunya diperkirakan dari Teluk Persia ini memiliki berbagai macam manfaat dengan kandungan vitamin dan mineral yang tinggi, berikut manfaat konsumsi kurma setiap hari  di bulan puasa:

1. Mengurangi rasa haus

Mengonsumsi buah kurma biasanya dilakukan saat berbuka puasa. Akan tetapi, mengonsumsi kurma saat sahur juga sangat penting, karena kurma dapat mengurangi rasa haus mineral saat berpuasa. Mengingat kurma memiliki tinggi mineral dalam setiap kandungannya. (Lihat juga: 5 Restoran Timur Tengah Rekomendasi di Jakarta)

Mengonsumsi buah kurma biasanya dilakukan saat berbuka puasa. Akan tetapi, mengonsumsi kurma saat sahur juga sangat penting, karena kurma dapat mengurangi rasa haus mineral saat berpuasa. Mengingat kurma memiliki tinggi mineral dalam setiap kandungannya.

2. Memperlancar aliran darah.

Berpuasa terkadang membuat aliran darah sedikit tersumbat karena berkurangnya asupan darah. Namun, mengkonsumsi kurma setiap hari ternyata dapat memperlancar aliran darah di tubuh, sebab kurma memiliki kandungan vitamin A, B2, serta B12 yang baik untuk tubuh.

3. Meningkatkan energi

Berpuasa terkadang menurunkan energi saat beraktivitas, karena beberapa rutinitas yang dilakukan seharian. Namun dengan mengonsumsi kurma baik saat sahur maupun saat berbuka puasa, dapat membuat Anda terlihat lebih energi. Ini karena kandungan glukosa yang sangat tinggi dalam buah kurma, merupakan sumber energi yang dapat membantu tubuh menjadi segar dalam menjalani aktivitas sehari-hari saat sedang berpuasa.

manfaat kurma

4. Menjaga pencernaan

Kandungan serat yang terkandung dalam kurma mampu membantu mencegah sembelit. Oleh karena itu, kurma pun bisa menjaga sistem pencernaan Anda saat menjalankan puasa.

5. Meningkatkan  kekebalan tubuh

Kurma memiliki kandung yang bergizi saat dikonsumsi. Di antaranya mengandung magnesium, mangan, dan selenium.  Kandungan tersebut dapat meningkatkan antibodi dan menghindarkan tubuh dari berbagai penyakit saat berpuasa.

About the author

Related Posts