lambung
Food, Health

Ini Dia 5 Makanan Pereda Maag dan Sakit Lambung

Maag merupakan salah satu penyakit gangguan pencernaan yang disebabkan karena terjadinya peradangan pada organ lambung atau tukak lambung. Peradangan ini biasanya karena luka yang dapat menimbulkan rasa perih atau sakit pada ulu hati.

Jika Anda merupakan salah stau penderita maag, tentunya perut akan terasa kembung dan sakit melilit. Beberapa hal bisa menjadi penyebab maag Anda kambuh. Misalnya saja karena telat makan, stres, atau makan-makanan yang pedas dan asam.

Tapi tenang saja! Jika tiba-tiba maag Anda kambuh, beberapa makanan di bawah ini bisa meredakan sakit maag Anda:

Kentang rebus

Kentang bisa dikonsumsi untuk mengganti karbohidrat dalam tubuh. Tentunya, kentang bisa memberi rasa kenyang pada perutmu. Kentang yang direbus bersifat alkali dan akan menetralisir asam lambung sebelum makan makanan lain. Rasa sakit akibat maag tentu akan berkurang!

Brokoli

Sayuran satu ini sangat baik bagi penderita maag, apalagi yang sudah kronis. Kandungan yang ada dalam brokoli, antara lain kalium, vitamin C dan sulfur. Masing-masing kandungannya sangat bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit akibat maag.

Bubur ayam

Ketika sakit maag kambuh, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan yang lunak seperti bubur. Teksturnya yang lembut dan mudah dicerna dapat membantu sistem pencernaanmu bekerja dengan baik. Tapi, hindari menambahkan jeroan dalam buburmu! Jeroan sulit dicerna oleh sistem pencernaanmu.

(Baca juga: Agar Kulit Wajah Tak Kusam, Coba Lakukan Cara Sederhana Ini)

Pisang

Teksturnya yang lembut sudah tak perlu diragukan lagi. Pisang adalah makanan yang baik dikonsumsi untuk penderita asam lambung. Buah ini dapat memberi efek kenyang dan mampu menstabilkan asam lambung.

Nah, untuk penderita maag, jangan lupa konsumsi salah satu makanan di atas ya! Semoga sakit maag Anda akan segera reda setelah mengonsumsinya!

Lidah buaya

Mengonsumsi lidah buaya bisa menyembuhkan luka pada lambung. Kandungan di dalamnya juga berkhasiat sebagai antibiotik dan menghilangkan rasa sakit, lho. Kalau Anda ingin memakannya, pastikan kunyah dengan benar dan halus ya!

Selamat mencoba!

About the author

Related Posts