Tourism

Suka Traveling, Ini List Hal yang Harus Dihemat dan Boleh Royal

Berencana mengadakan traveling dalam waktu dekat? Rasanya semua orang sepakat bahwa traveling alias bepergian membutuhkan banyak uang.

Tentunya Kamu harus benar-benar cerdik dalam mengatur keuangan dan pandai memilah kapan kamu bisa royal mengeluarkan uang dan kapan berhemat, tapi dengan tetap mendapatkan perjalanan yang memuaskan.

Robert Miller, President of Travel Advocates yang berlokasi di Hoboken, New Jersey, mengatakan hal pertama yang harus kita tentukan adalah menentukan budget dan apa saja yang menurutmu penting.

Kamu bisa juga meminta saran pada travel agent soal strategi mengatur budget.

Nah, apa saja kiranya yang harus Kamu hemat dan yang boleh Kamu alokasikan lebih?

1. Yang harus dihemat

Pertama, adalah bagasi. Bagasi bisa memakan biaya hingga lebih dari Rp 3 juta dan akan memotong budget travel. Coba lah lebih cermat dalam membawa pakaian, sehingga Kamu bisa melakukan mix and match tanpa harus membawa pakaian yang berbeda untuk setiap harinya.

Untuk menyiasati kekurangan, Kamu bisa menggunakan jasa cuci baju agar baju kotormu bisa dipakai ulang, atau membeli yang diperlukan di tempat tujuanmu nanti.

Dengan tidak mengurusi bagasi, Kamu juga punya lebih banyak waktu untuk berekplorasi dari pada harus menunggu bagasi.

Namun, catatannya, beri lah ruang di tasmu untuk membawa oleh-oleh.

Kedua, yakni tempat tinggal. Pilih lah hostel atau penginapan lainnya yang efisien secara budget. Kisaran harganya bergantung pada destinasi, namun cenderung jauh lebih murah daripada hotel.

Kamu juga bisa browsing di internet terlebih dahulu untuk menemukan yang paling cocok.

Ketiga, pemilihan lokasi. Sejumlah lokasi di daerah wisata bisa daja memakan banyak biaya. Apalagi di tempat-tempat yang memang mahal. Saat Kamu tiba di tujuan, orang-orang lokal bisa memberimu opsi tempat tujuan yang menarik.

Baca Juga : 5 Bandara Ini Dinobatkan Sebagai Bandara Paling Indah di Dunia

Keempat, pemandu wisata. Menggunakan jasa pemandu wisata bisa menambah beban ada anggaran perjalananmu. Ada banyak tempat dan lokasi yang menyediakan pemandu gratis untuk menemanimu berkeliling. Sehingga Kamu bisa lebih berhemat.

Jika Kamu merasa butuh pemandu untuk keperluanmu, coba lah berkonsultssi dengan agen travelmu.

Kelima, transportasi. Coba lah lebih memilih transportasi umum ketimbang menggunakan taksi. Harga keduanya bisa cukup jauh. Dengan menggunakan transportasi umum, Kamu juga bisa merasakan sensasi menjadi warga lokal.

Tak hanya murah, transportasi umum juga cenderung lebih cepat.

Baca juga : Traveling Sendirian? Tak Usah Takut, Ikuti Saja Tips Ini

2. Yang boleh royal

Kamu tak selalu harus berhemat dalam segala hal. Dalam beberapa hal Kamu boleh royal alias rela merogoh kocek lebih.

Pertama, pemilihan hotel dan pesawat. Ini bergantung selera masing-masing. Ada yang menginginkan perjalanan serba hemat. Tetapi ada pula yang menginginkan sesuatu yang spesial.

Misalnya hotel dengan jacuzzi dan balkon sehingga bisa merasakan sensasi bersantai sambil menikmati pemandangan.

Untuk penerbangan, ada pula yang memilih kenyamanan seperti ruang kaki yang lebih luas dan kursi yang nyaman sehingga akan lebih segar saat melakukan perjalanan.

Kedua, gunakan kartu kredit. Ini untuk menyiasati nilai tukar uang yang fluktuatif jika Kamu bepergian ke luar negeri.

Kartu kredit juga tidak menyertakan biaya transaksi. Meski begitu, Kamu juga bisa membawa uang yang telah Kamu tukar di daerah asal. Ini karena rate penukarannya tidak terlalu besar.

Baca Juga : 4 Wisata Imlek di Bogor yang Keren untuk Dikunjungi

Kamu bisa saja menukarnya di daerah tujuan. Tetapi, ada kemungkinan rate penukarannya lebih tinggi.

Ketiga, makanan. Jangan ragu untuk mengeluarkan banyak uang untuk makan. Ini bukan berarti harus makan mahal tapi untuk mencoba beragam rasa makanan lokal.

Jika pergi ke daerah-daerah yang jenis makanannya tidak sesuai denganmu, pergi lah ke restoran yang makanannya disesuaikan untuk turis. Meski pun harganya bisa lebih mahal, tapi aman untuk perut.

Kamu bisa memilih restoran dengan pengalaman makan malam yang luar biasa dan makanan yang enak. Ini bisa jadi pengalaman tersendiri saat pulang nanti.

Keempat, sepeda. Beberapa tempat memiliki program bersepeda. Ada baiknya jika Kamu menyewa sepeda untuk keliling kota sekaligus berolahraga.

About the author

Related Posts