makan siang
Food

Inilah Lima Menu Makan Siang yang Perlu Kamu Hindari

Selain sarapan, makan siang juga memiliki peranan penting karena memengaruhi kelangsungan hari Anda selanjutnya. Menu makanan sehat tentu menjadi pilihan.

Apakah semua makanan sehat itu akan berdampak sehat untuk badan dan kelanjutan hari Anda?

Untuk menghindari ancaman bad day, laman Women’s Health menyebutkan lima menu makanan yang tidak direkomendasikan untuk menjadi makan siang Anda.

Salad hijau dan ayam
Banyak yang berpikir bahwa makan ayam dan sayuran hijau bisa menjadi menu makan siang yang menyehatkan. Kandungannya memang menyehatkan namun efeknya bisa buruk karena menu yang rendah lemak dan serat bisa membuat cepat lapar dan banyak makan pada jadwal makan berikutnya.

Yoghurt
Menu makanan ini sering dipilih sebagai penutup atau desserts. Meski sering disebut sebagai makanan sehat, yoghurt—dengan berbagai rasa—mengandung lebih banyak gula daripada minuman bersoda. Ditambah lagi, yoghurt macam ini juga memiliki sedikit kandungan serat. Namun, yoghurt tanpa rasa (plain) dengan potongan buah asli merupakan pilihan terbaik untuk menu makan siang Anda.

Roti
Roti lapis sering menjadi pilihan makan siang yang dianggap menyehatkan jika diisi dengan sayuran dan daging sebagai sumber protein. Selain itu, roti lapis mengenyangkan. Namun, menu ini dapat berefek tidak baik karena rendah kandungan serat tapi tinggi indeks glikemik.

Oleh sebab itu, Anda lebih baik memilih roti gandum yang lebih kaya serat dan nutrisi. Biji-bijian dalam roti lapis itu dapat memperbaiki kadar gula darah, menurunkan kolesterol, dan mencegah obesitas.

Minuman manis
Kesegaran minuman manis, seperti soda, teh manis, bisa membuat Anda lupa bahwa minuman manis dapat meningkatkan risiko obesitas, diabetes tipe dua, penyakit jantung, penyakit ginjal, bahkan kerusakan gigi.

Mayones 
Hindari penggunaan mayones pada roti lapis yang sudah diisi sayuran atau biji-bijian. Pakar kesehatan Brian St Pierre dari Precision Nutrition Kanada menjelaskan ada 100 kalori dalam segigit roti lapis dengan mayones. Selain itu, hampir seluruh kandungan mayones adalah lemak.

 

Baca juga: Tak Suka Sayuran? Yuk Coba Bikin Es Sayur!

About the author

Related Posts