Tourism

Tips Memilih Lensa Kamera yang Tepat Untuk Traveling

Saat sedang traveling, pastinya Anda akan mengabadikan momen-monen indah dan menyenangkan. Ya, traveling memang sangat erat kaitannya dengan fotografi, terlebih dengan banyaknya ketersediaan kamera yang terintegrasi dengan beragam gadget yang mudah dibawa saat traveling di masa sekarang ini.

Nah selain kamera, tentunya salah satu hal penting dalam fotografi adalah lensa. Untuk photographer profesional yang hobi traveling, pasti sudah memahami harus membawa ‘senjata’ apa saja untuk mengabadikan keindahan alam yang akan dikunjungi.

Namun untuk Anda yang baru saja memulai hobi fotografi, berikut beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan sebelum berbelanja lensa untuk kameramu:

1.  Memilih focal length

Tantangan terbesar dalam memilih lensa untuk traveling adalah menemukan lensa yang dapat mencakup berbagai subjek dalam foto yang akan dibuat. Pentingnya memilih lensa yang fleksibel, membuat Anda bisa berfokus pada jenis subjek yang akan diambil. Sekaligus mampu mengurangi berat tas yang dibawa selama traveling. Jadi sebelum memilih lensa yang tepat, ada baiknya Anda membayangkan destinasi travelingmu terlebih dahulu dan memilih genre foto seperti apa yang akan dieksekusi nantinya.

2.  Kenali Perbedaan Lensa Prime (Lensa Fix) dan Lensa Zoom

Masih berhubungan dengan focal length, hal lain yang perlu Anda pertimbangkan untuk menghasilkan foto yang baik ketika traveling adalah memahami perbedaan anatara lensa zoom dan lensa prime, seperti di bawah ini:

       a.  Lensa prime (lensa fix)

Lensa prime adalah yang memiliki fix focal length, seperti lensa fix 35 mm atau 50 mm. Dengan kata lain, lensa prime adalah lensa yang tidak memiliki fitur zoom pada badan lensanya. Jadi Anda harus bergerak maju atau mundur jika ingin merubah besar kecilnya subjek di foto. Kelebihannya, lensa prime memiliki bobot lebih ringan. Selain itu, lensa prime memiliki bukaan aperture yang lebar. Sehingga sangat membantu ketika Anda mengambil gambar pada kondisi rendah cahaya.

        b.  Lensa zoom

Biasanya memiliki bobot yang jauh lebih berat dari pada lensa prime dan memiliki variable focal length. Sebagai contoh, 18-55 mm atau 70-200 mm. Dengan variable focal length tersebut, biasa lensa zoom mampu mengatasi sebagian besar kebutuhan fotografi ketika Anda sedang traveling. Mulai dari genre landscape hingga close up.

 3.  Weatherseal Lensa

Beberapa lensa (terutama yang mahal, walau tidak semua) memilki fitur yang disebut dengan ‘weatherseal’. Weatherseal membuat lensa Anda tahan terhadap kelembaban dan debu. Cocok bagi anda yang terbiasa megunjungi tempat-tempat dengan suhu udara rendah dan penuh debu.

Walaupun dengan fitur weatherseal ini lensa Anda akan lebih aman dari kelembaban dan debu, ada baiknya Anda tetap menghindarkan lensa dari kondisi-kondisi ekstrim tersebut kepada lensa Anda.

 4.  Aperture lensa (bukaan diafragma lensa)

Lensa cepat memiliki bukaan yang besar, seperti f/2.8 atau lebih besar. Bukaan besar berarti lebih banyak cahaya yang masuk melalui lensa menuju sensor kamera. Hal ini berarti bahwa lensa dengan bukaan besar akan membantu anda dalam mengambil gambar dengan lebih cepat. Lensa dengan bukaan lebar juga bisa membuat Anda mengambil gambar dengan ISO yang lebih rendah sehingga meminimalisir noise.

Bukaan lensa yang besar pada lensa juga akan mempermudah Anda untuk mengambil gambar pada kondisi cahaya rendah, seperti di dalam ruangan atau saat malam hari. Malam hari merupakan hal yang indah untuk diabadikan dengan beragam objek, mulai dari lampu kota, lampion saat festival, bahkan memotret milky way.

5.  Image Stabilization, Sepele Tapi Signifikan

Image stabilization adalah sebuah fitur yang terdapat pada lensa dengan kegunaan untuk mengurangi gambar shake. Biasanya shake terjadi ketika berada di kondisi rendah cahaya dan mengambil gambar dengan shutter speed rendah. Ketika traveling, Anda akan menghadapi situasi dimana sumber cahaya sangat rendah sekali. Bisa jadi ketika Anda ingin mengambil gambar milky way, menunggu twilight sebelum matahari terbit, atau matahari tenggelam di bibir pantai. Tapi, tripod juga termasuk salah satu equipment yang jangan sampai dilupakan.

6.  Tas Kamera

Isi tas kamera Anda tentu saja tidak akan hanya berisi lensa. Pasti di dalamnya juga berisi bodi kamera, flash, tripod,. Maka itu, menjaga tas Anda agar tidak terlalu berat sama pentingnya dengan indahnya sunset yang akan disaksikan. Itulah mengapa Anda perlu memilih lensa yang cukup ringan, apalagi jika Anda memutuskan untuk membawa lensa lebih dari satu.

Nah dengan tips di atas, sekarang sudah tahu kan lensa mana saja yang dibutuhkan untuk liburan Anda kali ini?

(Baca juga: 7 Perkebunan Teh di Pulau Jawa Yang Memiliki Pemandangan Indah)

About the author

Related Posts