transformasi-wajah-gbk
Sports

Keren dan Canggih, Begini Transformasi Wajah GBK Jelang Asean Games

Stadion Utama Gelora Bung Karno di Jakarta sudah memasuki usia yang ke-55 tahun. Di usia yang tak muda lagi, SUGBK akan menampilkan wajah baru dan dipastikan lebih segar.

Ini tak terlepas dari ditunjuknya kawasan Kompleks Olahraga Gelora Bung Karno sebagai venue Asian Games 2018. Renovasi dilakukan untuk mempercantik stadion

Tampilan kompleks GBK memang dipastikan berubah. SUGBK nantinya akan dipenuhi dengan nuansa merah dan putih.

Lintasan atletik sudah diperbaiki untuk mencapai standar internasional. Rumput di stadion juga telah dipasang dan dipastikan berkualitas.

Beberapa fasilitas baru yang bakal dimiliki GBK renovasi nanti di antaranya lampu stadion yang lebih canggih, kursi, akses disabilitas, dan juga solar panel yang nantinya akan menjadi sumber energi pengganti listrik untuk kebutuhan GBK.

Baca Juga : Kisah Menarik Julukan Klub Sepakbola Indonesia

Kapasitas Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) berkurang 13.873 kursi usai mengalami renovasi untuk ajang Asian Games 2018.

Kapasitas kursi dulunya 90 ribu, sekarang dikurangi menjadi 76.127. Kenapa? Karena harus menyesuaikan untuk difabel, dan sekarang lebih modern lagi.

Dengan konsep satu orang satu tiket, lanjut Imam, sudah otomatis berpengaruh juga kepada teknologi jual-beli tiket.

Tidak hanya mempercantik diri menjelang Asian Games 2018. Stadion berusia 55 tahun itu akan dilengkapi sistem keamanan yang super canggih.

Khusus pada SUGBK akan dilengkapi kamera pemantau (CCTV) 7K di sejumlah titik. CCTV hasil kerja sama dengan Jepang senilai USD 4 juta (setara dengan Rp 53,6 miliar) itu bisa merekam sekaligus mendeteksi aktivitas penonton dan merekam detail wajahnya.

Orang yang akan masuk ke SUGBK tentu ada ribuan. Nah, kamera ini bisa fokus ke semua wajah masing-masing orang. Sehingga, ketika ada pelaku kejahatan bisa langsung terdeteksi.

Sistem ini juga tersambung langsung dengan data base dari Detasemen Khusus 88. Sehingga, jika ada teroris kemudian kamera akan mencocokkannya, jika cocok maka alarmnya akan berbunyi

About the author

Related Posts