cukur kumis dan jenggot
Beauty, Health

Kumis dan Jenggot Punya Banyak Manfaat Loh!

Saat bulan November, orang merayakan sebagai bulan ‘No Shave November’ untuk pria tetap memelihara rambut wajahnya. Gerakan ini bertujuan untuk mendorong pria untuk berani membiarkan kumis atau janggutnya tetap tumbuh.

Beberapa orang memilih untuk mencukurnya untuk alasan kebersihan dan kerapian. Selain itu beberapa perusahaan juga tidak memperbolehkan karywannya untuk memelihara rambut wajah seperti janggut atau kumis.

Meski demikian, tidak sedikit orang yang “betah” memelihara kumis atau jenggotnya. Rambut wajah ini memiliki banyak manfaatnya. Sejumlah studi ilmiah telah menganalisis manfaatnya dalam berikut ini dikutip dari situs The Health Site.

Baca juga: Yuk, Mengenal Budaya Sumatera Selatan!

1. Meminimalkan risiko kanker kulit

Kanker kulit biasanya diakibatkan oleh seringnya paparan sinar ultraviolet matahari ke kulit. Rambut wajah berfungsi sebagai penghalang yang melindungi kulit dari sinar UV dan meminimalkan efek radiasi berbahaya.

Penelitian tahun 2011 membuktikan bahwa janggut bisa dianggap sebagai penghalang kulit. Dengan menutupi 90 sampai 95 persen kulit wajah, jenggot dan kumis bisa mengurangi risiko kanker kulit lebih baik daripada tabir surya yang disarankan.

Baca juga: Promo Early Bird New Year Lumire Hotel & Convention Center

2. Tingkatkan daya tarik seks

Rambut wajah seringkali menjadi salah satu ciri maskulin dari seorang pria, selain bahu lebar dan garis rahang.

Studi menunjukkan bahwa wanita mencari pria dengan rambut wajah daripada pria tanpa kumis atau jenggot. Wanita melihat fitur pria ini sebagai penarik mereka dalam menentukan pasangan potensial hubungannya.

3. Membangkitkan kepercayaan diri

Pria dengan rambut wajah memberikan beberapa manfaat profesional. Sebuah studi Journal of Marketing Communications menunjukkan bahwa pria berjanggut lebih mudah dipercaya daripada rekan mereka yang dicukur bersih.

Jenggot yang rapi meningkatkan kredibilitas dalam mengajak klien dan dianggap lebih mudah “mempengaruhi” pelanggan untuk melakukan pembelian produk yang dijualnya.

Baca juga: Atasi Flu Tanpa Obat

Nah, setelah memabaca artikel ini, Anda lebih memilih membiarkan rambut wajah tetap tumbuh atau malah mencukurnya setelah tahu tentang manfaat ini?

About the author

Related Posts