kembang-goyang
Tourism

Kudapan Khas Betawi yang Bikin Lebaran Tambah Berwarna

Finroll.com – Lebaran merupakan saat bahagia. Dimana sanak saudara berkumpul bersama untuk merayakan kemenangan setelah sebulan berpuasa. Tak hanya makanan utama seperti ketupat dan opor ayam, namun juga disediakan camilan khas lebaran.

Orang Betawi memiliki beberapa camilan yang wajib ada saat lebaran. Apa saja ya?

Kue Akar Kelapa

Kue akar kelapa merupakan kue kering yang berasal dari Betawi. Nama akar kelapa ini diambil lantaran bentuk kuenya menyerupai akar kelapa. Rasanya gurih legit dengan tekstur crunchy atau garing. Biasanya, kue akar kelapa ini disajikan bersama dengan kacang goreng.

Kue Biji Ketapang

Kue asli dari Betawi lainnya bernama kue biji ketapang. Ini merupakan kue tradisional yang metode pengolahannya dengan cara digoreng. Bahan-bahan untuk membuat kue biji ketapang adalah tepung terigu, parutan kelapa, telur ayam, dan beberapa bahan lainnya. Citarasa dari kuliner satu ini adalah dominan gurih lantaran kelapa parut dan santan di dalamnya.

Kue kembang Goyang

Kue kembang goyang, ada yang menyebutnya sebagai kue antari ataupun juga kue matahari. Itu karena bentuknya ada yang menyerupai bunga atau kebang, ada pula yang mirip lingkaran matahari. Rasanya dominan manis, gurih dengan tekstur renyah yang bikin sumringah. Kembang goyang ini merupakan kuliner yang berbahan dasar tepung beras dengan bahan lainnya.

Dodol Betawi

Dodol khas Betawi yang juga biasanya menjadi sajian lebaran. Pilihan rasa dodol betawi hanya sedikit saja, dan inilah yang membuatnya seperti eksklusif. Ada rasa ketan putih, ketan hitam dan juga durian. Proses pembuatannya sangat rumit. Meskipun begitu kala lebaran Idul Fitri tiba, kuliner ini laris manis diburu banyak orang.

Manisan Kolang Kaling

Kudapan lain yang biasa disajikan saat lebaran oleh orang-orang Betawi adalah manisan kolang kaling. Ini merupakan kolang kaling yang biasanya dijadikan minuman saat puasa. Manisan kolang kaling ini memiliki warna yang cantik karena memang diberi pewarna makanan.

Ada merah, hijau, dan juga kuning.

Jangan khawatir pewarna yang digunakan juga aman, biasanya hijau menggunakan daun pandan, merah menggunakan stroberi dan kuning dari labu kuning. Camilan yang sangat digemari anak-anak saat lebaran, kenyal-kenyal enak.

Tape Uli

Ini merupakan kuliner yang terdiri atas dua jenis makanan, yakni tape yang terbuat dari beras ketan hitam dan uli yang terbuat dari beras ketan putih yang ditumbuk. Tape uli merupakan kuliner yang biasanya selalu ada saat lebaran tiba.

Orang-orang cukup menggemarinya, terutama mereka para orang tua. Untuk rasanya adalah perpaduan antara asm, manis, dan sedikit gurih.

Kue Satu

Kue satu atau kue satru juga merupakan sajian lebaran masyarakat Betawi lainnya. Ini merupakan kue yang pengerjaanya cukup rumit. Kue satu perlu dicetak satu per satu pada cetakan kayu lalu diketuk-ketuk cetakannya hingga kuenya nanti keluar.

Biasanya bahan yang digunakan untuk membuat kue satu ini adala tepung kacang hijau dan gula pasir halus. Rasanya benar-benar membuat terpikat, kamu akan ketagihan saa mencobanya.

Lebaran makin meriah ya dengan sajian camilan khas lebaran dari Betawi  ini. Anda mau coba?
Artikel Asli

About the author

Related Posts

Leave a Reply

Leave a Reply